Efektivitas Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Sebatik Kalimantan Utara

Siti Fathonah

Abstract


Demi mendukung visi pendidikan Indonesia, dan sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi siswa. Kurikulum merdeka mampu membuat pembelajaran bahasa Indonesia menjadi semakin menarik dan berkarakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran pada kondisi tertentu secara alami dengan menggunakan teknik deskripsi kualitatif. Metode penelitian meliputi : 1). Pengumpulan data ( wawancara dan  angket), 2). Reduksi data, 3) Penyajian data, 4) Kesimpulan. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa SMA N 1 Sebatik Kalimantan Utara. Hasil penelitian berupa keefektifan penggunaan kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yang mampu memberikan penguatan dan pengembangan karakter bagi siswa. Pembelajaran bahasa Indonesia menjadi lebih menyangkan bagi siswa dan guru sehingga menciptakan lingkungan belajar yang baik dan membahagiakan, selain itu guru menjadi lebih kreatif dalam menerapkan media, metode dan strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran dan siswa mampu memecahkan masalah secara mandiri.

Keywords


SMA N 1 Sebatik Kalimantan Utara; Merdeka Belajar; Pembelajaran Bahasa Indonesia;

Full Text:

PDF

References


Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843-850.

Kemenag, Webinar Nasional Hari Guru Nasional Tahun 2020, acara di tayangkan GTK Madrasah Channel, tanggal 25 November 2021.

Mutmainah Latifah, 2016 ”Penerapan Strategi Active Learning dalam Pembelajaran PAI di SMK N 1 Purwojati Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas”.

Nikmah Arifatul, 2017, “Strategi Pendidikan Karakter Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam Kelas VIII Unggulan Di MTs Negeri JatinomKlaten”, Skripsi, PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta : tnp

Priyanto. 2011. Buku Pedoman Program Pengalaman Lapangan (PPL) STIPPGRI Sidoharjo. Surakarta : Yuma Pressindo

Putri Eka, 2017,“Persepsi Guru Kelas Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 (Studi Kasus di MI Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Salatiga.

Rahmatul Ubaidah, 2015 “Penggunaan Metode Pembelajaran Active Learning pada Mata Pelajaran Aqidah”. Skripsi, FAI Universitas MuhammdiyahSurakarta.

Ramayulis. 1990. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia .

Sumarsono, Sumarsono, Inganah, Iswatiningsih & Husamah. (2020). Belajar dan Pembelajaran di Era Milenial. Malang. Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif. Konsep Dasar Dan Prakarya. Jakarta : Rajawali Pers.

Tempo. CO, Jakarta, “Nadiem Makarim : Merdeka Belajar adalah Kemerdekaan Berpikir”, dikutip dari:

https://nasional.tempo.co/read/1283493/nadiemmakarim-merdeka-belajar- adalah-%20kemerdekaanberpikir/full&view=ok Diakses tanggal 23 Maret 2022

Triyuni Rinda,2018, “Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Penilaian Autentik di SMA Dharmawangsa Medan”. Skripsi, PAI, Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan, UIN Sumatera Utara Medan.

Wulandari, Shinta. 2018. “Strategi Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar SKI pada Siswa Kelas VIII di MTs N 10 Sleman”. Skripsi, FIAI UII Yogyakarta.LAMPIRAN




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1821-1830.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id