Analisis Higher Order Thinking skill Pada Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sebatik Utara
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: CV. Cahaya Bintang Cemerlang.
Amirono dan Daryanto. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum. 2013. Yogyakarta: PT. Gaya Media.
Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2017. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Asrul, Ananda, dkk. 2015. EVALUASI PEMBELAJARAN. Bandung: Citapustaka Media.
Aziz, Nurul Azianah, 2021. Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Dimensi Kognitif Taksonomi Anderson Di MTS Al-Ikhlas Nunukan. Skripsi Universitas Borneo Tarakan. Tarakan (Tidak di publikasikan)
Erawati, Ni Ketut. 2018. Analisis Tes Penilaian Pencapaian Kompetensi Pada Mahasiswa Kebidanan. Jurnal Penjakora. 5(2), 111-120.
Fanani, Moh Zainal. 2013. Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Kurikulum 2013. Edudeena: Journal Of Islamic Religious Of Islamic, 2(1). 57-76.
Farida, dan Anna Musyarofah. 2021. Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. 1(1), 34-44.
Fitriani, Melia Sari, dkk. 2021. Analisis Tingkat Kognitif Pada Soal LKS SMP Kelas 8 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 5(1), 22-29.
Haryanto, Dwi. 2015. Analisis Butir Soal Ujian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2013/2014 Di Kabupaten Purbalingga, 1 (2), 123-138.
Koryna, Aviory, dan Susetyawati, M. E. 2021. Kualitas Soal Hots (High Order Thinking Skill) Pada Siswa Smp Kelas VII. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 639.
Lailly, Nur Rohmah, dan Wisudawati, A. W. (2015). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (Hots) Dalam Soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013. Kaunia, XI(1), 27–39.
Marzuki, Ismail dan Lukmanul Hakim. 2019. Evaluasi Pendidikan Islam. Tadarus Tarbawy, 1(1). 77-84.
Nugroho, R. A. 2019. HOTS Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal. Jakarta: Grasindo.
Ratnawulan, Elis dan Rusdiana. 2014. Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.
Sani, Ridwan. A. 2019. Cara membuat Soal HOTS. Tangerang. Tira Smart.
Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi
Indonesia.
Setiawati, Wiwik., dkk. 2018. Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Subadar. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter (PKK) Berbasis Higher Order
Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pedagogik, 4 (1).
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Widayanto, Joko. 2018. Evaluasi Pembelajaran (Sesuai dengan kurikulum 2013)
Konsep, Prinsip & Prosedur. Madiun: Unipma Press.
Wirandani, Tari dkk. 2019. Analisis Butir Soal Hots (High Order Thinking Skill) Pada Soal Ujian Sekolah Kelas XII Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMK An-Nahl. Parole: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(4), 485–494.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1763-1772.2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id