Analisis Higher Order Thinking skill Pada Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sebatik Utara

Eva Apriani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis higher order thinking skill pada soal penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sebatik Utara. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari naskah soal penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sebatik Utara tahun 2023/2024. Data penelitian ini adalah soal penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII, VIII, dan IX di SMP Negeri 1 Sebatik Utara tahun 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan berdasarkan dimensi kognitif dan kata kerja operasional taksonomi Anderson. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa analisis higher order thinking skill pada soal penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sebatik Utara pada kelas VII sebanyak 8 soal, presentase yang diperoleh sekitar 20%. Pada kelas VIII sebaran higher order thinking skill sebanyak 3 soal sehingga persentase yang diperoleh sekitar 7,5% dan pada kelas IX sebaran higher order thinking skill sebanyak 14 soal, persentase yang diperoleh sekitar 28% soal yang termasuk kategori HOTS. Soal penilaian akhir semester ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia hanya terdapat pada dimensi kognitif C4 tidak terdapat dimensi kognitif C5 dan C6 pada soal, dalam penyusunan soal penilaian akhir semester ganjil didominasi pada dimensi kognitif C1. Soal HOTS sangat kurang diterapkan karena masih banyaknya siswa yang merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal, dan alasan tidak meratanya dimensi kognitif taksonomi Anderson pada soal penilaian akhir semester karena tidak dilakukan analisis terlebih dahulu untuk mempertimbangkan setiap tingkatan ranah kognitif pada soal.

Keywords


Analisis; Dimensi Kognitif; Higher Order Thinking Skill;

Full Text:

PDF

References


Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: CV. Cahaya Bintang Cemerlang.

Amirono dan Daryanto. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum. 2013. Yogyakarta: PT. Gaya Media.

Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2017. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Asrul, Ananda, dkk. 2015. EVALUASI PEMBELAJARAN. Bandung: Citapustaka Media.

Aziz, Nurul Azianah, 2021. Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Dimensi Kognitif Taksonomi Anderson Di MTS Al-Ikhlas Nunukan. Skripsi Universitas Borneo Tarakan. Tarakan (Tidak di publikasikan)

Erawati, Ni Ketut. 2018. Analisis Tes Penilaian Pencapaian Kompetensi Pada Mahasiswa Kebidanan. Jurnal Penjakora. 5(2), 111-120.

Fanani, Moh Zainal. 2013. Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Kurikulum 2013. Edudeena: Journal Of Islamic Religious Of Islamic, 2(1). 57-76.

Farida, dan Anna Musyarofah. 2021. Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. 1(1), 34-44.

Fitriani, Melia Sari, dkk. 2021. Analisis Tingkat Kognitif Pada Soal LKS SMP Kelas 8 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 5(1), 22-29.

Haryanto, Dwi. 2015. Analisis Butir Soal Ujian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2013/2014 Di Kabupaten Purbalingga, 1 (2), 123-138.

Koryna, Aviory, dan Susetyawati, M. E. 2021. Kualitas Soal Hots (High Order Thinking Skill) Pada Siswa Smp Kelas VII. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 639.

Lailly, Nur Rohmah, dan Wisudawati, A. W. (2015). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (Hots) Dalam Soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013. Kaunia, XI(1), 27–39.

Marzuki, Ismail dan Lukmanul Hakim. 2019. Evaluasi Pendidikan Islam. Tadarus Tarbawy, 1(1). 77-84.

Nugroho, R. A. 2019. HOTS Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal. Jakarta: Grasindo.

Ratnawulan, Elis dan Rusdiana. 2014. Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.

Sani, Ridwan. A. 2019. Cara membuat Soal HOTS. Tangerang. Tira Smart.

Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi

Indonesia.

Setiawati, Wiwik., dkk. 2018. Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Subadar. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter (PKK) Berbasis Higher Order

Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pedagogik, 4 (1).

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Widayanto, Joko. 2018. Evaluasi Pembelajaran (Sesuai dengan kurikulum 2013)

Konsep, Prinsip & Prosedur. Madiun: Unipma Press.

Wirandani, Tari dkk. 2019. Analisis Butir Soal Hots (High Order Thinking Skill) Pada Soal Ujian Sekolah Kelas XII Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMK An-Nahl. Parole: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(4), 485–494.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1763-1772.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id