Analisis Penguasaan Santri Terhadap Kitab Kuning Berdasarkan Pola Pembinaan (Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Huda Provinsi Gorontalo)

Abd. Rasyid Kamaru

Abstract


Pondok pesantren al-Huda provinsi Gorontalo yang didirikan pada tahun 1961 sampai dengan sekarang tetap eksis dalam kajian kitab kuning dan menggunakan sistem klasikal. Penelitian ini mengambil lokasi di pondok pesantren al-Huda provinsi Gorontalo. Data yang diuraikan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, adapun metode yang digunakan berupa observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode induktif, deduktif dan komparatif. Teknik pengolahan data yaitu menggunakan tiga metode yaitu: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan santri terhadap kitab kuning belum maksimal, maka pola yang dilaksanakan adalah memaksimalkan penguasaan santri pada mata pelajaran nahwu dan sharaf sebagai alat untuk menguasai kitab kuning. Rekomendasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama antar pihak pondok pesantren, pemerintah, masyarakat yang tampak dari sikap, perilaku, pemikiran maupun kerja sama antar pondok pesantren yang terkesan vakum selama ini.


Keywords


Analisis Penugasan Santri; Kitab Kuning; Pola Pembinaan; Al-Huda Provinsi Gorontalo

Full Text:

PDF

References


Azra Azumardi, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana, 2012.

Basri Hasan, Saebani. Beni Ahmad, Ilmu Pendidikan Islam (Jilid II), Bandung: CV. Pustaka Setia, 2010.

Departemen Agama RI, Pola Pembelajaran di pesantren, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agara Islam Direktorat Pendidikan Keagamaan dan pondok pesantren, 2003.

Departemen Pendidikan Nasional, Ensiklopedi Islam Jilid 4, Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, Cet. Ke-10, 2002.

Hanafiyah Nanang, Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, Cet1; Bandung : PT. Refika Aditama, 2009.

Nata H. Abuddin, Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT. Grasindo, 2001.

Poerwadarminta WJS, Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Balai Pustaka, 2006.

Qomar, Mujamil, pesantren Dari Transformasi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta : Erlangga, 1996.

Roham Abujamin, Ensiklopedi Lintas Agama, Jakarta: PT. Intermasa, 2009.

Saputra Budi, Aneka Keguruan, Bandung: PT. Rafika Aditama, 2009.

Saridjo Marwan, Pendidikan dari Masa ke Masa, Jakarta: Yayasan Ngali Aksara dan Al Manar Press, 2011.

Yahiji, Kasim, Cara Mudah Memahami Kitab Gundul, Strategi Pembelajaran Kitab Kuning di pondok pesantren, Gorontalo: Sultan Amai Press IAIN Sultan Amai Gorontalo, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.2.157-162.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id