Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Bola Basket

Zulkifli Lamusu, Syarifudin Syarifudin

Abstract


Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian eksperimen. Dengan desain terdiri atas 2 variabel penelitian yaituVariabel X (Model Cooperative Learning tipe Jigsaw) denganVariabel Y (HasilBelajarSiswa), dengan prosedur penelitian β€œPre Test (X₁),Treatmen (T), dan Post Test (Xβ‚‚). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Telaga Biru yang berjumlah 26 siswa. Adapun sampel dalam penelitian yang ditetapkan adalah keseluruhan dari populasi sebanyak 26 siswa Kelas VII-1 yang diambil secara Total Sampling. Uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah Uji t, dan berdasarkan hasil analisis diperoleh harga π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” sebesar 31,77, Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 1% diperoleh harga tdaftaratau t(0,995(25) = 2,79. Ternyata harga π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘”telah berada di dalam daerah penerimaan HA.atau diluar penerimaan 𝐻0.


Keywords


Model Cooperative LearningTipe Jigsaw; Hasil Belajar Bola Basket

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Chandra, Sodikin. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan.

Hadjarati, Hartono. 2011.Bahan Ajar Basket 1.FIKK Universitas Negeri Gorontalo

Mohamad Harun, Ronny. 2012.Bahan Ajar Bola Basket 1. FIKK: Universitas Negeri Gorontalo

Samsudi. 2009.Desain Penelitian Pendidikan. Semarang : UNNES PRESS

Sanjaya, Wina. 2009.StrategiPembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta : Kencana

Sudjana, Nana.2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sudjana.Ibrahim. 2010.Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. (Cet.V). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tomoliyus, http://www.google.co.id=j&q=tomoliyus-ms%2Fmodel- pembelajaran-penjas.pdf , Akses 22 April 2013

Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur : PT Bumi Askara

Yunus, Hamzah. 2007.Bahan Ajar Mata Kuliah Statistika Ekonomi. Fakultas Ilmu Sosial : Universitas Negeri Gorontalo




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.2.129-138.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id