Kinerja Penilik Kesetaraan dan Keaksaraan di Kabupaten Gorontalo

Maety B. Laha

Abstract


Dalam rangka pencapaian pendidikan nonformal dibutuhkan pula adanya pendidik maupun tenaga kependidikan yang bergerak dibidang pendidikan nonformal. Salah satu unsur tenaga kependidikan pendidikan nonformal yang memiliki peran strategis dalam mendorong perubahan dan meningkatkan mutu pendidikan nonformal adalah penilik. Sebagaimana yang tercantum dalam rancangan peraturan menteri negara pemberdayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor 14 tahun 2014 tentang jabatan penilik fungsional dan angka kreditnya, Penilik adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggungjawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program pendidikan.

Keywords


Kinerja, Penilik Kesetaraan dan Keaksaraan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Prestasi: Pustaka

Adeolu Joshua Ayeni. 2012. “Assessment of Principals‘ Supervisory Roles for Quality Assurance In Secondary Schools in Ondo State, Nigeria”. World Journal of Education. Volume 2 (1), 62-69.

Ametembun, N.A. 2000. Supervisi Pendidikan: Penuntun Bagi Para Penilik Pengawas Kepala Sekolah dan Guru. Bandung: Penerbit Suri Azhari, Ahmad. 2004.

Burhanuddin. 2004. Profesi Keguruan. Malang: UM Press

Edward Bantu, Okwara Michael Okello dan Kimathi Mbaya Kimathi. 2012. “The Relationship Between Teacher Supervision and Quality of Teaching in Primary Schools”. Journal of SAVAP International. Volume 3(2), 265- 269.

Faisal, Sanapiah. 2007. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hamrin. 2011. Sukses Menjadi Pengawas Sekolah. Tips dan Strategi JituMelaksanakan Tugas. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru

Hasibuan, Malayu, SP. 2009. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim Adegboyega Bada. 2012. “Correlates of Supervisory Strategies and Quality Education in Secondary Schools in Oyo State, Nigeria”. International Journal of Learning & Development. Volume 2 (3), 164-173

Jane Irene A. Dawo. 2011. “School-Based Teacher Supervision: a Vital Tool forQuality Education in Kenya”. European Journal of Educational Studies.Volume 3 (1), 143-148.

Keputusan Mendikbud nomor 38 tahun 2013 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya

Megawati, Apriliana. 2013. “Penerapan Prinsip Pembelajaran Orang dewasa (Andragogi) pada Program Life Skill di SanggarKegiatan Belajar Kabupaten Pati”. Skripsi Jurusan Pendidikan LuarSekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Mengenai kualifikasi akademik ini isinya sama dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 29 ayat 1

Mulyasa. 2007. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyatiningsih, E. 2012.Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006.

Prastowo, A. 2014.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Yogyakarta: Diva Press

Peraturan Pemerintah dan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara nomor 14 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional penilik dan angka kreditnya. Penelitian Pendidikan Bandung: Remaja Rosda Karya




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.1.80-88.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id