Gaya Kepemimpinan Ketua Pengelola dalam Meningkatkan Kinerja Tutor di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Charity Tomohon

Asna Heti Bolangitan, Sendy Ceria Pasaribu

Abstract


Gaya kepemimpinan pada dasarnya diartikan sebagai sebuah pola perilaku yang secara konsisten yang diperankan oleh pemimpin ketika mempengaruhi anggota kelompok atau bawahan. Fokus masalah penelitian ini adalah Gaya Kepemimpinan Ketua Pengelola dalam meningkatkan hasil kinerja tutor di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Charity Tomohon. Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut : 1) Bagaimana gaya kepemimpinan Ketua Pengelola Dalam Meningkatkan Kinerja Tutor di PKBM Charity Tomohon. 2) Bagaimana Cara Ketua Pnegelola Meningkatkan Kinerja Tutor di PKBM Charity Tomohon. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui bagaimana Gaya Kepemimpinan Ketua Pengelola Dalam Meningkatkan Kinerja Tutor di PKBM Charity Tomohon. 2) Untuk mengetahui cara ketua pengelola meningkatkan kinerja tutor di PKBM Charity Tomohon. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan bersifat deskriptif. Sumber data penelitian sebanyak 4 orang. Data yang dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data interaktif. Teknik Pengujian Keabsahan Data menggunakan Teknik Triangulasi Data. Kesimpulan penelitian dari judul skripsi gaya kepemimpinan ketua pengeloa bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh ketua pengelola adalah gaya kepemimpinan demokratis dan cara ketua pengelola meningkatkan kinerja tutor adalah 1) tidak melakukan diskriminasi dalam pembagian tugas dan adil dalam pembagian gaji, 2) memberikan penghargaan dalam bentuk pujian, 3) memberikan pelatihan untuk mengasah skill tutor 4) dan meberikan tanggapan atas kendala yang dialami para tutor.

Keywords


gaya; kepemimpinan; kinerja

Full Text:

PDF

References


Aisah, S. N. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Bulletin of Management and Business, 1(2), 42-50. Ayub, D., Baheram, M., & Achmad, S. S. (2014). Tanggung Jawab Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam Melaksanakan Kegiatan Pendidikan Non Formal di Kabupaten Rokan Hulu, Propinsi Riau. Jurnal Pendidikan, 5(2), 106-114.

Bogdan dan Taylor. (1975). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja. Estafianto, H. D., Fakhruddin, F., & Sutarto, J. (2020). Influence of Ability and Motivation on Performance Through Organizational Culture on Tutor Paket C SKB in Indonesia. Journal of Nonformal Education, 6(2), 107-114. Hafifi, M. A., Qomariah, N., & Anwar, A. (2018). Peningkatan Kinerja Berbasis Lingkungan Kerja, Gaya Kepemimpinan, Dan Pelatihan Kerja Pada Karyawan Bagian Produksi Pt. Mitratani Dua Tujuh Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(1). Jamaludin, A. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada PT. Kaho Indahcitra Garment Jakarta. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 3(3), 161-169. Leunupun, P., Pattinama, G. L. L., & Leunupun, D. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja karyawan. PELUANG, 15(2). Muizu, Ode Zusnita. 2014. Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Bisnis Pekbis Jurnal Vol.6 No.1 Maret 2014 1-13. Nadira, K., 2014. Pengertian Tipe-tipe Gaya Kepemimpinan dan Teori yang mendasari Kepemimpinan, PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta. Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2016). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 7-14. Parashakti, R. D., & Setiawan, D. I. (2019). Gaya kepemimpinan dan motivasiterhadap kinerja karyawan pada bank BJB cabang Tangerang. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 10(1).

Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Sanjani, M. A. (2018). Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 7(1).

Wardhani, A. P., Hasiholan, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh lingkungan kerja, komunikasi dan kepemimpinan terhadap kinerja pegawai (Studi Kasus di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang). Journal Of Management, 2(2). Yugusna, I., Fathoni, A., & Haryono, A. T. (2016). Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis dan lingkungan kerja terhadap kinerja dan kedisiplinan karyawan (studi empiris pada perusahaan SPBU 44.501. 29 randu garut semarang). Journal of Management, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.1331-1338.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id