Pengembangan Komik Digital Bahasa Tidung Sebagai Media Pembelajaran Literasi di SD Muhammadiyah 3 Al-Hilal Tarakan

Rita Kumala Sari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan komik digital bahasa tidung sebagai media pembelajaran literasi di SD Muhammadiyah 3 Al-Hilal Tarakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mengembangkan komik digital bahasa tidung sebagai media pembelajaran literasi di SD Muhammadiyah 3 Al-Hilal Tarakan, 2) menghasilkan produk berupa komik digital bahasa tidung yang akan digunakan sebagai media pembelajaran literasi di SD Muhammadiyah 3 Al-Hilal Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R & D milik Borg & Gall. Jenis data penelitian ini adalah data numerik dan data verbal. Data numerik yakni berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli, praktisi, dan mahasiswa terhadap produk. Data verbal tertulis berupa catatan, komentar, kritik, maupun saran-saran yang telah dituliskan oleh subjek uji pada angket penilaian; sedangkan data verbal lisan berupa informasi yang disampaikan secara lisan ketika wawancara dengan keempat kelompok ahli dalam bidang yang diujikan. Angket penilaian dan pedoman wawancara bebas digunakan sebagai instrumen pengumpul data. Sedangkan hasil dari validasi uji ahli pembelajaran Literasi mendapatkan 92% yang berarti sangat sesuai, uji validasi ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 79% yang berarrti sesuai, hasil uji validasi bahasa mendapatkan nilai 80% yang berarti sesuai, dan hasil uji validasi lapanga mendapatkan nilai 81,57% - 92,10% yang berarti sangat sesuai. Berdasarkan dari hasil uji validasi ahli pengembangan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan komik digital bahasa tidung sudah cukup layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran literasi.


Keywords


Komik Digital; Bahasa Tidung; Pengembangan Media

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis (Kedua; Yanita Nur Indah Sari, Ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Badan Pusat Statistik. (2015). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2014. [Versi elektronik]. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Barokah, U.S. (2014). Pengembangan Komik Digital Berbasis Nilai Karakter Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa untuk SMA Kelas XI. How Southeast Asia Uses Smartphones. (17 Februari 2016). eMarketer. Diambil pada tanggal 10 Agustus 2016, dari http://www.emarketer.com/Article/How-Southeast-Asia UsesSmartphones/1013595.

Ilyana, Sariyatul. (2016). Pengembangan Komik Edukasi “Impian Moni” Sebagai Media Pembelajaran Literasi Keuangan Kompetensi Anggaran Pribadi untuk Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta : Kencana Prenadamedia Groub.

Saryono, D., Ibrahim, G. A. I., Muliastuti, L., Akbari, Q. S. A., Hanifah, N., Miftahussururi;, … Efgeni. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca-Tulis. In Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Syaodih. Nana Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugioyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Penerbit Alfabeta

Setyosari Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.1249-1260.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id