Meningkatkan Motivasi Guru Menciptakan Media Pembelajaran Melalui Teknik Pendampingan di TK Tunas Harapan Kota Timur

Salma Alhasni

Abstract


Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Apakah dengan penerapan Teknik Pendampingan dapat meningkatkan motivasi guru menciptakan media pembelajaran di TK Tunas Harapan Kota Gorontalo?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan motivasi guru menciptakan media pembelajaran melalui penerapan Teknik Pendampingan di TK Tunas Harapan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dengan metode analisis deskriptif yang meliputi siklus I dan siklus II, dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil siklus I menunjukan dari 2 orang guru yang dilatih melalui proses pendampingan, diperoleh bahwa 1 orang atau 50% memiliki motivasi menciptakan media pembelajaran kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yaitu dari 2 orang guru, diperoleh bahwa 100% telah memiliki motivasi menciptakan media pembelajaran bagi siswa TK. Dengan demikian indikator kinerja dikatakan berhasil. Simpulan dari penelitian ini adalah Teknik Pendampingan dapat meningkatkan motivasi guru menciptakan media pembelajaran di TK Tunas Harapan

Keywords


Teknik Pendampingan dan Motivasi Guru

Full Text:

PDF

References


Badu A.M Abram. 2012. Disertasi Pengembangan Model Pelatihan Pendampingan dalam rangka peningkatan kompetensi pendamping (Studi pada Kelompok Usaha Konveksi Di Kota Gorontalo). Bandung: UPI

Balai Pengembangan Pendidikan Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda. 2007. Materi Diklat Tenaga Pendidik PAUD Tentang Gerak Dan Lagu. Depdiknas

Coni Semiawan. 1999. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Depdikbud Dikti. Proyek pendidikan guru sekolah dasar.

Djamarah Bahri Syaiful Drs dan Zain Aswan Drs. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta

Kurniasih. Dan Sani.2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena: Jakarta

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya:Bandung

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi II. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi II. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Slameto, Drs. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta

Seefeldt Carol dan Wasik A. Barbara. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Inclek

Uno B Hamzah, M.Pd Dr. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Yani Ahmad. 2014. Mindset Kurikulum 2013. Alfabeta: Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.1.54-61.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id