Prinsip, Implementasi dan Kompetensi Guru dalam Pendidikan Inklusi

Rahman Rahman, Sirajuddin Sirajuddin, Zulkarnain Zulkarnain, Suradi Suradi

Abstract


Pendidikan inklusif memberikan kesempatan bagi siswa berkebutuhan khusus untuk belajar bersama dengan siswa pada umumnya sehingga, mereka mendapatkan hak, keadilan, dan perluasan ke akses pendidikan yang sama. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana prinsip, implementasi dan kompetensi guru dalam pendidikan inklusi. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif hasil dari kajian pustaka yang secara khusus menganalisis literatur tentang prinsip, implementasi dan kompetensi guru dalam pendidikan inklusi. Hasil kajian literatur disimpulkan bahwa prinsip pendidikan inklusi yaitu prinsip pemerataan dan peningkatan mutu, prinsip keberagaman, prinsip kebermaknaan, prinsip keberlanjutan dan prinsip keterlibatan. Implementasi pendidikan inklusi yaitu sekolah melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan dan pengevaluasian pada setiap komponen pendidikan selain itu menyiapkan sistem pengelolaan kelas yang mampu mengakomodasi keragaman kebutuhan khusus siswa, termasuk menyediakan sarana dan prasarananya serta Guru yang kompeten. Kompetensi guru perlu senantiasa dibina dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan untuk menunjang peningkatan kompetensinya.

Keywords


Prinsip; Implementasi ; Kompetensi Guru; Pendidikan Inklusi

Full Text:

PDF

References


Eggen dan Kauchak Don,.(2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks. Elisa, S. 2013. Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi Di Tinjau Dari Faktor Pembentuk Sikap. Surabaya: Universitas Airlangga Fakultas Psikologi dan Pendidikan. Damayanti T, & Hamdan, S. 2016. Deskripsi Tentang Kompetensi Conten Guru Didalam Proses Pembelajaran Inklusi Pada Guru Sd Negeri Di Kota Bandung. Bandung; Universitas Islam Bandung, Fakultas Psikologi. Garnida, D. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung PT Refika Aditama.

Kemendikbudristek: Terus Perkuat Peran Sekolah Inklusif – Republika (2021) Latifah, E. 2015. Persepsi Orang Tua Reguler Terhadap Pendidikan Inklusif Di Sdn Bulukerto 2 Batu. Malang; Universitas Muhammadiyah Malang. Mahat, M. 2008. The Development Of A Psychometrically-Sound Instrument To Measure Teachers' Multidimensional Attitudes Toward Inclusive Education. Monash University; International Journal Of Special Education. Maulipaksi D, L. A. 2017. Sekolah Inklusi dan Pembangunan SLB Dukung Pendidikan Inklusi. Jakarta; Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Muzdalifah, F, & Billah H. Z. 2017. Pengaruh Efikasi Guru Terhadap Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi di SD Negeri Inklusif Di Jakarta. Jakarta; Universitas Negeri Jakarta. Firdaus, E. 2010. Pendidikan Inklusi dan Implementasi di Indonesia. Bandung; Universitas Pendidikan Indonesia. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif – Direktorat PPK-LK Kemendikbud (2011) Putri, Y., & Hamdan, S. R. (2021). Sikap dan Kompetensi Guru Pada Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 138–152. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p138-152 Rustanti, Y. M. 2017. Analisis Kompetensi Pedagogik Pada Guru Kelas Di Sekolah Dasar Negeri Dadaprejo 1 Batu. Malang; University of Muhammadiyah Malang. Widdy, N. P. 2016. Kompetensi Guru Berdasarkan Jenis Kelamin, Usia, Pengalaman Mengajar dan Tingkat Pendidikan. Yogyakarta; Universitas Sanata Dharama.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.1075-1082.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id