Penyuluhan Good Character Good Impact di Yayasan Pendidikan Daniel Kota Pekanbaru
Serena Wijaya, Meta Dwijayanthy, Jean Esparanci, Rosida Tiurma Manurung
Abstract
Pendidikan karakter merupakan hal yang penting untuk diajarkan kepada seluruh peserta didik karena dapat membentuk individu yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorietasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Esa berdasarkan Pancasila. Tujuan tersebut sejalan dengan Visi dan Misi Yayasan Daniel. Oleh karena itu, pendidikan karakter perlu diajarkan oleh setiap guru dan juga orang tua, agar pendidikan ini dapat menjadi nilai yang dipegang serta diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh setiap siswa. Salah caranya adalah menggunakan social modelling berdasarkan teori Bandura. Hasil penyuluhan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan partisipan setelah mengikuti kegiatan psikoedukasi tentang pembentukan karakter. Para guru dan orang tua siswa telah memahami pentingnya peran guru dan orang tua dalam pembentukan karakter siswa, memahami fungsi guru dan orang tua dalam menjadi teladan dan dalam memberikan apresiasi pada siswa.
Keywords
Good character; Good impact; Pendidikan karakter; Social modelling; Yayasan Pendidikan Daniel
References
Bandura, A. (1977). Social learning theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Herdriana, E. C. & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1 (2), 25 – 29.
Pemerintah Negara Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional.
Visi Misi SD DANIEL PEKANBARU diakses dari https://sddanielpekanbaru.sch.id/, diakses pada 10 Maret 2023 WIB
DOI:
http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.991-996.2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id