Pengembangan Model Pelibatan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Pentas Kelas Pada Satuan Paud di Kabupaten Gorontalo

La Ode Sahara

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan kondisi objektif pelibatan orang tua dalam penyelenggaraan PAUD di Kabupaten Gorontalo. (2) Mendeskrisikan model konseptual pelibatan orang tua dalam meningkatkan kreativitas anak melalui pentas kelas akhir tahun pada satuan PAUD di Kabupaten Gorontalo. (3) Mendeskripsikan implementasi model pelibatan orang tua dalam meningkatkan kreativitas anak melalui pentas kelas akhir tahun pada satuan PAUD di Kabupaten Gorontalo. (4) Mendeskripsikan efektivitas model pelibatan orang tua dalam meningkatkan kreativitas anak melalui pentas kelas akhir tahun pada satuan PAUD di Kabupaten Gorontalo.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode research and development (R&D) yang meliputi kegiatan: (1) studi pendahuluan tentang kondisi objektif pelibatan orang tua dalam pendidikan, (2) pengembangan model pendampingan, (3) validasi ahli dan revisi, (4) implementasi model, dan (5) uji keefektifan model.Hasil penelitian pengembangan menunjukkan: (1) Kondisi awal pelibatan orang tua pada pendidikan anak umumnya masih rendah. Hal tersebut dikarenakan pelibatan orang tua belum dilaksanakan secara optimal. (2) Pengembangan model pelibatan orang tua dalam meningkatkan kreativitas anak melalui pentas akhir tahun dilaksanakan melalui perencanaan, pelaksanaan dan pendanaan, melakukan validasi pengembangan model dengan pakar Pendidikan nonformal, praktisi pendidikan nonformal dan teman sejawat, dan menyusun model akhir. (3) Implikasi model pendampingan dilakukan melalui kegiatan uji coba dan uji aplikasi model pelibatan. Keseluruhan kegiatan tersebut dilakukan melalui tahapan; input, proses, output dan outcome. (4) Pengembangan model pelibatan orang tua memberikan dampak pada peningkatan kreativitas dan pelaksanaan pentas akhir tahun. Temuan penelitian ini menunjukkan model pelibatan orang tua dalam meningkatkan kreativitas anak melalui pentas akhir tahun yang dikembangkan direkomendasikan kepada pihak-pihak terkait dalam meningkatkan pengelolaan PAUD di Provinsi Gorontalo.

Keywords


Pelibatan Orang Tua, Kreativitas Anak, Pentas Akhir Tahun

Full Text:

PDF

References


Borg & Gall, 2003. Education Research. New York : Allyn and Bacon.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. 2015. Roadmap Pendidikan Keluarga. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. 2016. Petunjuk Teknis Kemitraan Satuan PAUD dengan Keluarga dan Masyarakat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Emzir, 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data, Jakarta: Rajawali Pers

Fuadi, Agus. 2012. 2011. Perkembangan Nilai, Moral, Agama Pada Anak Usia Dini. PSKGJ-FKIP. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Qinant

Gunarsa, Singgih, D. (2003). Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Jamaris, Martini, 2016. Perkembangan Dan Pengembangan Anak, Jakarta: PT Grasindo

Jannah Lily Alfiyatul, 2012. Kesalahan Guru Paud Yang Sering Di Anggap Sepele, Malang:Diva Press.

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami. 2004. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah: Jakarta: Gramedia

Rachmawati, Yeni, Euis Kurniati. 2012, Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Prenada Media Group.

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga.

Solehuddin. 2001. Konsep Dasar Pendidikan Anak Pra Sekolah. Bandung: UPI.

Sugiyono 2011. Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujiono, Bambang Dkk, 2008. Metode Pengembangan Fisik, Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wiryokusumo, Iskandar. 2014 Teori Pengembangan, Surabaya

Zulkifli . 2002. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.1.35-44.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id