Peran Guru dan Pola Asuh Orangtua dalam Meningkatkan Kemandirian Anak di RA Iftitah Al-Ikhlas Ambon

Nurhidayati Udjir

Abstract


Dalam rangka pembinaan terhadap pendidikan anak usia dini, diperlukan adanya upaya untuk melatih dan mengembangkan kemandirian anak. Kemandirian merupakan kemampuan untuk melakukan kegiatan atau tugas sehari-sehari sesuai dengan tahap perkembangannya, diharapkan nilai-nilai mandiri akan lebih mudah dikuasai dan dapat tertanam kuat dalam diri anak jika dilatih sejak dini. Tujuan penelitian yaiatu untuk mengetahui peran guru dan pola asuh orangtua dalam meningkatkan kemandirian Anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses pengolahan data mengikuti teori Miles dan Huberman. Dalam meningkatkan kemandirian Anak di RA Iftitah Al-Ikhlas Ambon guru berpetan sebagi pembimbing dan pelatih. Secara umum orangtua menerapkan pola asuh demokratis tetapi ada juga yang menerapkan pola asuh otoriter atau permisisf sesuai dengan kondisi keluarga dan lingkungannya. Bentuk kerjasama antara guru dan 0rangtua dalam meningkatkan kemandirian anak di RA Iftitah Al-Ikhlas Ambon yaitu : 1) Menjalin komunikasi secara berkesinambungan dengan orangtua anak melalui WA Group, 2) Melakukan kunjungan rumah, 3) Menggunakan buku penghubung.

Keywords


Peran Guru; Pola Asuh; Kemandirian Anak

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, 2018, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Bumi Aksara,

Elizabeth B, Hurlock,2010, Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Masa, Jakarta: Erlangga. Edisi ke V

Elizabeth B, Hurlock,2017, Perkembangan Anak jilid I, Jakarta: Erlangga

Euis Sunarti, 2004, Mengasuh dengan Hati: Tantangan yang Menyenangkan, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Jonathan Sarwono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif,(Yogyakarta:Graha Ilmu, 2006)

Lexi J. Moleong, 2015, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pinka Citra Amanda, 2019, Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun DI TK Islam Nusantara, JPP PAUD FKIP Untirta, Volume 6 Nomor 2

Rindiya, E.N, Kemandirian Anak Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua, Jurnal UNNES,

Rahminur Diadha, 20115, Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak, Jurnal, Ilmu Pendidikan dan Pengajaran , Volume 2 Nomor. 1

Roudlotun Ni’mah dan Zahrotun Nikmah, 2020, Upaya Meningkatkan Kemandirian anak Melalui Pola Asuh Demokratis, Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education Volume 7 Nomor 1

Sarah Emmanuel, 2018, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadpa Kemandirian dan Kemampuan Regulasi Emosi AUD , Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini. Maret.Vol 03.No. 01

Siti Maemunawati dan Muhammad Alif, 2020, Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Pembelajaran Banten: Media Karya.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Pendidikan ; Pendekaltan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tatiek Atlanta, 2019, Pengaruh Guru Dalam Melatih Kemandirian Anak Usia 4 – 5 Tahun di TK Negeri Pembina Meliau

Yamin, Sanan, 2010, Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada

Wiyani. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.833-840.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id