Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia 2045 Menghadapi Bonus Demografi Melalui Pembelajaran Berbasis Kreatifitas
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
___________, (2022) Analisis Profil Penduduk Indonesia; Mendeskripsikan Peran Penduduk dalam Pembangunan, BADAN PUSAT STATISTIK Direktorat Analisis dan Pengembangan Statistik.
Abi, A. R. (2017). Paradigma membangun generasi emas Indonesia tahun 2045. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 85-90. DOI : http://dx.doi.org/10.17977/um019v2i22017p085
Abdillah, K., & Hamami, T. (2021). Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad Ke 21 Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1). DOI: https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.895
Adnyawati, N. D. M. S. (2011). Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar tentang hidangan Bali. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 44(1). DOI: https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.138
Agustang, A., Mutiara, I. A., & Asrifan, A. (2021, January 10). Masalah Pendidikan di Indonesia. https://doi.org/10.31219/osf.io/9xs4h
Ananta, A. (2021). PROSPEK MEGA-DEMOGRAFI MENUJU INDONESIA EMAS 2045. Jurnal Kependudukan Indonesia, 15(2), 119-132. DOI: https://doi.org/10.14203/jki.v15i2.604
Arif, M. (2021). Generasi Millenial Dalam Internalisasi Karakter Nusantara. IAIN Kediri Press.
Chamisijatin, L., & Permana, F. H. (2020). Telaah Kurikulum (Vol. 1). UMMPress.
Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan generasi emas indonesia tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika, 3(2), 73-87. http://dx.doi.org/10.22202/jei.2017.v3i2.1320
Dongoran, F. R. (2014). Paradigma membangun generasi emas 2045 dalam perspektif filsafat pendidikan. Jurnal Tabularasa PPs UNIMED, 11(1), 61-76
Finch, C. R., & Crunkilton, J. R. (1999). Curriculum development in vocational and technical education. planning, content, and implementation. Allyn and Bacon, 160 Gould Street, Needham Heights, MA 02494.
Hasdiana, Lillyan Hadjaratie, Maimun Ihsan, Tomi Bidjai, Abdul Rahmat, & Nina Lamatenggo. (2022). THE EFFECTIVENESS OF THE ENTREPRENEURIAL SKILLS EDUCATION PROGRAM IN THE FIELD OF DRESSMAKING AT EDUCATIONAL INSTITUTIONS NONFORMAL BY APPLYING THE "PANAKO" PATTERN (CASE STUDY AT LKP TRI NUR, GORONTALO, INDONESIA). European Journal of Humanities and Educational Advancements, 3(12), 82-87. Retrieved from https://scholarzest.com/index.php/ejhea/article/view/3021
Hafsah, S. S. (2019). DIY (Do It Yourself). CV Kekata Group.
Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045: Strategi Membangun Generasi Cerdas, Berkarakter dan Berdaya Saing di Abad 21. Nusa Putra Press.
Iskandar, A. M. (2021). Negara dan Politik Kesejahteraan. Gramedia Pustaka Utama
Jati, W. R. (2015). Bonus Demografi Sebagai Mesin Pertumbuhan Ekonomi: Jendela Peluang Atau Jendela Bencana Di Indonesia. Populasi, 23(1), 1-19.
Kadeni, K. (2014). PENTINGNYA KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 2(1). DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v2i1.601
Kusnandar, V. B. 2022, NASIONAL, B. P. H. Laporan Akhir Analisis Dan Evaluasi Hukum Terkait Kependudukan.
Lestari, E. R. (2019). Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. Universitas Brawijaya Press.
Lubis, B., & Mulianingsih, S. (2019). Keterkaitan bonus demografi dengan teori generasi. Jurnal Registratie, 21-36.
Nelson, N. (2016). Kreativitas dan Motivasi dalam Pembelajaran Seni Lukis. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).
Nurjanah, S. A. (2019). Analisis Kompetensi Abad-21 Dalam Bidang Komunikasi Pendidikan. Gunahumas, 2(2), 387-402. DOI: https://doi.org/10.17509/ghm.v2i2.23027
Noor, M. (2015). Kebijakan pembangunan kependudukan dan bonus demografi. Serat Acitya, 4(1), 121. DOI: http://dx.doi.org/10.56444/sa.v4i1.149
Prasojo, lantip dian, & Sudiyono. (2015). Supervisi Pendidikan. yogyakarta: Gava Media.
Rohida, L. (2018). Pengaruh era revolusi industri 4.0 terhadap kompetensi sumber daya manusia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 114-136. DOI https://doi.org/10.31843/jmbi.v6i1.187
Saputro, A. N. C., Suhelayanti, S., Chabibah, N., Bermuli, J. E., Sinaga, K., Fauzi, A., ... & Fayanto, S. (2021). Pembelajaran Sains. Yayasan Kita Menulis.
Setiawan, S. A. (2018). Mengoptimalkan Bonus Demografi untuk Mengurangi Tingkat Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Analis Kebijakan, 2(2). DOI: https://doi.org/10.37145/jak.v2i2.34
Silalahi, T. S. (2019). Pemuda Milenial. CV Jejak (Jejak Publisher).
Suhaya, S. (2016). Pendidikan Seni Sebagai Penunjang Kreatifitas. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 1(1). DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v1i1.837
Tim Pengembang Kurikulum UNG (2017). Panduan Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum Universitas Negeri Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo.
Tim Penyusun (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Edisi Ke Satu. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Tim Penyusun (2020). Buku Saku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Tim Penyusun (2018). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0. Direktorat Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi.
Torrance, E. P., Clements, C. B., & Goff, K. (1990, March). Mind-body learning among the elderly: Arts, fitness, incubation. In The Educational Forum (Vol. 54, No. 1, pp. 123-134). Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.1080/00131728909335525
Warsito, T. (2019). Attaining The Demographic Bonus in Indonesia. Jurnal Pajak dan Keuangan Negara (PKN), 1(1), 6-6. https://doi.org/10.31092/jpkn.v1i1.611
Zaini, H. (2017). ISLAMIC INSTITUTION CONTRIBUTION IN BUILDING INDONESIAN GOLDEN GENERATION. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(2), 1-14.
Zamili, U. (2020). Peranan Guru dalam Pengembangan Kurikulum. JURNAL PIONIR, 6(2). DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v6i2.1297
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.949-958.2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id