Faktor-Faktor Determinan yang Berhubungan dengan Kejadian Ulang (Relaps) Pada Penderita TB Paru di RSUD X

Finni Tumiwa, Angelia Pondaa, Ake Royke Calvin Langingi

Abstract


Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular langsung yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor determinan yang berhubungan dengan kejadian ulang (relaps) pada penderita TB Paru di RSUD X. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik total population dengan jumlah sampel 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner. Analisa data menggunakan uji chi-square dengan program komputer. Hasil uji statistik chi-square ρ = 0.000 < α=0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara kepatuhan minum obat dengan kejadian ulang (relaps) pada penderita TB Paru di RSUD Amurang, hasil uji chi-square ρ = 0.010 < α=0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara perilaku merokok dengan kejadian ulang (relaps) pada penderita TB Paru di RSUD Amurang, dan hasil uji chi-square ρ = 0.000 < α=0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kondisi lingkungan fisik rumah dengan kejadian ulang (relaps) pada penderita TB Paru di RSUD Amurang. Saran bagi lokasi penelitian, kiranya dapat menjadi bahan masukan bagi upaya melaksanakan pendidikan kesehatan bagi masyarakat tentang pentingnya pengobatan TB secara tuntas serta upaya penyuluhan tentang gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit TB Paru.

Keywords


Faktor kepatuhan minum obat; Perilaku merokok; TB Paru

Full Text:

PDF

References


Amiruddin, dan Leida. I., 2012. Hubungan Antara Pekerjaan, PMO, Pelayanan Kesehatan, Dukungan Keluarga dan Diskriminasi dengan Perilaku Berobat Pasien TB Paru. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin. Makassar.

Ardiansyah, M. 2012. Medikal Bedah Untuk Mahasiswa. Jogjakarta: Diva Press

Ariani. 2015. Kejadian Putus Berobat Penderita Tuberkulosis Paru dengan Pendekatan DOTS. www.litbang.depkes.go.id.

Alsagaf H. dan Mukty H. A. 2008. Dasar-dasar Ilmu Penyakit Paru. 5th ed. Airlangga University Press:Surabaya. p:73.

Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM). 2008. Buku Makalah Lengkap Simposium “Fight TB-HIV/AIDS”. Disampaikan dalam Rangka Peringatan Hari TB Sedunia Tahun 2008. Surakarta. p:3.

Departemen Kesehatan. 2014. Departemen Kesehatan: Gerakan Terpadu Nasional Penanggulangan Tuberculosis. Disampaikan pada Seminar Sehari TB Paru dalam Rangka Peringatan Hari TB Sedunia ke 177. Jakarta.

Departemen Kesehatan. 2013. Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis. Jakarta : Depkes RI. pp:7-41.

Departemen Kesehatan RI. 2013. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta. http://www.kemkes.go.id. Diakses tanggal 22 Januari 2021

Departemen Kesehatan RI. 2009. Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis. Jakarta : Depkes RI. pp:2-45.

Depkes RI. 2011. Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis. Jakarta: Depkes RI;. http://www.scribd.com/doc/127006223/DEPKES-RI-2011-Pedoman-Penanggulangan-TB-di-Indonesia-pdf#. Diakses tanggal 22 Januari 2022

Maulidia, D. F. 2014. Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat pada Penderita Tuberculosis di Wilayah Ciputat. Skripsi tidak di publikasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dion, Y., & Betan. 2013. Asuhan Keperawatan Keluarga Konsep dan Praktik. Yogyakarta : Nuha Medika.

Harmoko. 2012. Asuhan Keperawatan Keluarga. Penerbit: pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Novitasari, I. 2014. Hubungan Antara Dukungan Keluarga Terhadap Konsep Diri Pada Penderita TBC Dalam Proses Pengobatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Bendosari. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ubon S., dan Pierre T., 2010, Gambaran Pasien yang Mengalami Kekambuhan Tuberkulosis di Rumah Sakit Tuberkulosis, Ermelo.

Yuliana, S. 2014. Hubungan antara Harga Diri dengan Perilaku pada Penderita Tuberculosis (TB) Paru. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Ilmu Keperawatan, 1(1), 1-7.

World Health Organization (WHO). 2015. Global Tuberculosis Report. Switzerland.

World Health Organization. 2015. MDGs, http://www.who.int/mediacentre/com




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.791-802.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id