Konsep Eflok Education (Pendidikan Seumur Hidup) Prespektif abad 21 Analisis Hasil Pendidikan menurut Ibnu Khladun

Moh. Faizin, Dewi Chintia Cahya Ningrum, Mega Silviya Putri

Abstract


Konsep yang ada dalam pendidikan ialah suatu proses seseorang belajar suatu hal baru baginya dan proses ini berlangsung seumur hidup selama seseorang itu meiliki keinginan untuk belajar. Pendidikan seumur hidup ini dibagi menjadi tiga lingkungan, yaitu pendidikan pada lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat. Ketiga lingkungan tersebut berhubungan satu sama lain. Metode yang digunakan dalam artikel ini ialah menggunakan metode Studi Kepustakaan, yaitu dengan menggunakan data yang telah ada untuk membuat sebuah penemuan baru. Selain itu terdapat tokoh yang sangat berpengaruh pada sistem pendidikan ini beliau adalah Ibnu Khaldun, beliau merupakan sosok yang sangat terpandang dan juga ahli filosof soiologi yang berarti pandangan beliau tentang pendidikan sangat sesuai dengan keadaan masyarakat saat ini. Termasuk pada abad-21 ini, pada abad ini dapat dikenal sebagai abad teknologi karena kemajuan teknologi yang sangat banyak dan hampir semua sudah terbantu oleh teknologi yang ada dan juga terdapat sebutan revolusi industri 4.0 dikarekan kemajuan yang sangat pesat.

Keywords


Pendidikan seumur Hidup; Abad 21; Ibnu Khaldun

Full Text:

PDF

References


Amin, Fauzan. “Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan.” AT-TA`LIM 16, no. 1 (2017): 106–25.

Aulia, Syifa Siti, dan Iqbal Arpannudin. “Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Lingkup Sosio_Kultural Pendidikan Non-Formal.” Jurnal Civic Education 3, no. 1 (Juni 2019): 1–12.

Hidayat, Yayat. “pendidikan dalam perspektif ibnu khaldun.” Jurnal pendidikan islam al-ilmi 2, no. 1 (24 Mei 2019). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v2i1.261.

Jauhari, Muhammad Insan. “Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Era Modern.” AL-MANAR : Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam 9, no. 1 (30 Juni 2020): 187–210. https://doi.org/10.36668/jal.v9i1.138.

Kamal, Faisal. “Transformasi Pendidikan Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Abad 21.” Paramurobi: jurnal pendidikan agama islam 1, no. 2 (20 Desember 2018): 17–30. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i2.524.

Karimah, Ummah. “Pondok Pesantren Dan Pendidikan : Relevansinya Dalam Tujuan Pendidikan.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3, no. 1 (27 Juni 2018): 137. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.137.

Manaf, A. L. “Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Dunia.” As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 9, no. 1 (5 Mei 2020): 1–16. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i1.116.

Mardhiyah, Rifa Hanifa, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, dan Muhamad Rizal Zulfikar. “Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia.” Lectura : Jurnal Pendidikan 12, no. 1 (4 Februari 2021): 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813.

Megahantara, Galang Sansaka. “Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan Di Abad 2,” t.t.

Meilia, Maya, Murdiana. “Pendidikan Harus Melek Kompetensi Dalam Menghadapi Pedidikan Abad Ke-21.” Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam 2, no. 1 (t.t.): 88–104.

M.Pd.I, Suhartono. “Konsep Pendidikan Seumur Hidup Dalam Tinjauan Pendidikan Islam.” Jurna Pendidikan Islam Al I`tibar 3, no. 1 (2017): 17–26.

Nizaruddin Wajdi, Muh. Barid. “Pendidikan Ideal Menurut Ibnu Khaldun Dalam Muqaddimah.” LENTERA 3, no. 2 (15 September 2015): 125–34.

Nurisma, Yunita. “Pendidikan Seumur Hidup.” Cendekia 18, no. 2 (t.t.): 269–75.

“Peraturan Pemerintah Republik Indonesia,” t.t.

Qamar, Syamsul. “Penanggungjawab Pendidikan.” Jurnal IDAARAH 1, no. 1 (Juni 2017): 143–51.

Rohmah, Siti. “Relevansi Konsep Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Dengan Pendidikan Modern.” Forum Tarbiyah 10, no. 2 (t.t.): 280.

Sutisna, Anan, Elais, Ahmad, Elais Retnowati, dan Ahmad Tijari. “Model Pembelajaran Seumur Hidup Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Untuk Pemberdayaan Perempuan Pedesaan Pada Pkbm.” Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) 7, no. 1 (Mei 2020): 46–57.

Syahputra, Edi. “Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia.” SINASTEKMAPAN 1 (November 2018): 1276–83.

Tamrin, M. Isnando. “Pendidikan Non Formal Berbasis Masjid Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Umat Dalam Perspektif Pendidikan Seumur Hidup.” Menara Ilmu 8, no. 79 (t.t.): 70–79.

Wijaya, Etistika Yuni, Dwi Agus Sudjimat, dan Amat Nyoto. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016- universitas Kanjuruhan 1 (2016): 263–78.

Yunus, Muhammad, dan Agus Wedi. “Konsep Dan Penerapan Pendidikan Sepanjang Hayat Dalam Keluarga.” Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran 5, no. 1 (t.t.): 31–37.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.769-778.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id