Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Pada SDN di Kota Pekanbaru

Else Martadewi, Sudarno Sudarno, Agus Joko Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh variabel (1) motivasi terhadap kinerja guru, (2) disiplin terhadap kinerja guru, (3) budaya organisasi terhadap kinerja guru, dan (4) motivasi, disiplin, motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Responden penelitian adalah guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Pekanbaru yang berjumlah 3454 orang dengan sampel 97. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket sebagai instrumen penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik inferensial dan pengujian hipotesis. Koefisien reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan motivasi terhadap kinerja guru sebesar 0,028, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin terhadap kinerja guru sebesar 0,017, dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan budaya organisasi terhadap kinerja guru sebesar 0,029. Sedangkan secara bersama-sama terdapat pengaruh motivasi, disiplin, budaya organisasi terhadap kinerja guru sebesar 0,000.

Keywords


Motivasi; Disiplin; Budaya Organisasi; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Sinambela, L. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Suparlan. (2010). Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Depdiknas. (2008). Pengembangan Materi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses

Mangkunegara. (2011). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. PT . Remaja Rosdakarya. Bandung

Rahayu, F. (2014). Hubungan budaya organisasi dengan kinerja guru di sekolah dasar swasta kecamatan koto tangah padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan. 2(1), 282-831.

Siswanto. (2013). Penghantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama

Mariawati., Soedjarwo., & Basuki, I. (2018). Pengaruh lingkungan kerja, motivasi kerja, dan disiplin kerja guru terhadap kinerja guru IPA di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan. 1(1), 31-41

Robbins, S. (2008). Perilaku Organisasi. Jilid 1 dan 11. Terjemahan oleh Hadyana Puja Atmaja. Jakarta: Prenhallindo

Hadiati, E. (2018). Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru MTs Se Kota Bandar Lampung. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, VIII (1), 51-65

Gibson, J. L,.et al. (2010). Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses, Edisi Ke-5. Jakarta. Erlangga.

Gering, Supriyadi & Triguno. (2010). Budaya Organisasi Organisasi Pemerintah. Jakarta

Hermawan. (2016). Hubungan budaya organisasi dengan kinerja guru smk –spp bandung jawa barat. Tanzhim Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan. 1 (1), 13-26

Febriantina, S., Lutfiani, F. N., & Zein, N. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru. Tadbir Muwahhid, 2(2), 120-131.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.737-748.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id