Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo

Hakop Walangadi, Elmia Umar, Abdul Rahmat, Nurain Saleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test uraian sedangkan observasi dan dokumentasi adalah penunjang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 7 Telaga Biru yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 14 siswa dengan presentase 63,6%. Hasil ini belum mencapai indikator kinerja yakni 80%, sehingga dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Siklus II hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 19 siswa dengan presentase 86,36% dan telah mencapai indikator kinerja yang telah ditentukan. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) hasil belajar pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo meningkat.

Keywords


Hasil Belajar; Pembelajaran IPS; Pendekatan Problem Based Learning (PBL)

Full Text:

PDF

References


Amir, T. (2016). Inovasi pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Pemberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta : Kencana

Asrori, M. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Wacana Prima.

Atikasari, S. (2012). Pengaruh Pendekatan Problem-Based Learning Dalam Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Kemampuan Analisis. Unnes Journal of Biology Education, 1(3), 220-225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/1496/1443 (diakses pada 27 Desember 2021).

Cahyanti, A. E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking

http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-13.pdf (diakses pada 27 Desember 2021).

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran Inovatif. Jogjakarta:

Ar-Ruzz Media

Febrita, L. (2020). Penerapan Pendekatan Problem Based Learningdalam Pembelajaran Tematik Terpadudi Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan. 4(2), 1428. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/608. (diakses pada 21 Februari 2021).

Jakni, (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung : ALFABETA.

Kurniasih Imas & Sani Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran

untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jogjakarta: Kata Pena

Mahadi, I. & Yustina (2019). Problem Based Learning (PBL) Berbasis Higher Order Thingking (HOST) Melalui E-Learning. Jawa Tengah : Lakeisha

Rahmadani, N. & Indri, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 243-245.

https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/928/559 (diakses 27-12 2021).

Siska, Y. (2016). Pembelajaran IPS di SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca

Sofyan, H., Wagiran, Komariah K., Triwiyono E. (2017). Promblem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : UNY Press.

Trigu. (2020). Studi Literatur Problem Based Learning Untuk Masalah Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Matematika. Ambon : Guepedia




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.647-658.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id