Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, T. (2016). Inovasi pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Pemberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta : Kencana
Asrori, M. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Wacana Prima.
Atikasari, S. (2012). Pengaruh Pendekatan Problem-Based Learning Dalam Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Kemampuan Analisis. Unnes Journal of Biology Education, 1(3), 220-225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/1496/1443 (diakses pada 27 Desember 2021).
Cahyanti, A. E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking
http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-13.pdf (diakses pada 27 Desember 2021).
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran Inovatif. Jogjakarta:
Ar-Ruzz Media
Febrita, L. (2020). Penerapan Pendekatan Problem Based Learningdalam Pembelajaran Tematik Terpadudi Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan. 4(2), 1428. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/608. (diakses pada 21 Februari 2021).
Jakni, (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung : ALFABETA.
Kurniasih Imas & Sani Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran
untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jogjakarta: Kata Pena
Mahadi, I. & Yustina (2019). Problem Based Learning (PBL) Berbasis Higher Order Thingking (HOST) Melalui E-Learning. Jawa Tengah : Lakeisha
Rahmadani, N. & Indri, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 243-245.
https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/928/559 (diakses 27-12 2021).
Siska, Y. (2016). Pembelajaran IPS di SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca
Sofyan, H., Wagiran, Komariah K., Triwiyono E. (2017). Promblem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : UNY Press.
Trigu. (2020). Studi Literatur Problem Based Learning Untuk Masalah Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Matematika. Ambon : Guepedia
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.647-658.2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id