Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Bongomeme Kabupaten Gorontalo
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiwibowo, S. 2016 . Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar IPS Di SMP Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1(1), 60-68. Ela Kusmawati, R. (2019). Hubungan Komunikasi Guru dengan Minat Belajar Siswa:(Studi di MTs Al-Inayah). Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 19-34. Iskandar, W. 2019 . Kemampuan Guru Dalam Berkomunikasi Terhadap Peningkatkan Minat Belajar Siswa di SDIT Ummi Darussalam Bandar Setia. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 135. Lestari, I. 2015. Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 3(2). Marleni, L. 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 149-159.
Muhammad Fathurrohman, Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras,. Hal. 173-174
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. 2016. Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135. Rifayanti. 2020. Pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap minat belajar murid pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial SD negeri 1 lalole kabupaten buton selatan. Skripsi. UMM
Sugiyono. 2011.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung.Alfabeta
------------ 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung.Alfabeta
------------ 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung.Alfabeta
------------ 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung.Alfabeta
------------ 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung.Alfabeta Suryanti, Ati. 2015. Pengaruh Keterampilan Komunikasi Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Viii Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Negeri Cirebon 1 Kota Cirebon. Skripsi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Syardiansah, H. M. B. 2016. Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 440-448.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.473-484.2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id