Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Bongomeme Kabupaten Gorontalo

Cindrawati S. Mustapa, Rosman Ilato, Meyko Panigoro, Usman Moonti, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 2 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian Survei. Jumlah Sampel yang digunakan sebanyak 52 siswa. Teknik pengumpulan data Kuisioner (Angket) dan di analisis menggunakan teknik analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 2 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Besaran pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Minat Belajar Siswa 79,7% sedangkan sisanya sebesar 20,3% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.

Keywords


Kemampuan Komunikasi Guru; Minat Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Budiwibowo, S. 2016 . Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar IPS Di SMP Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1(1), 60-68. Ela Kusmawati, R. (2019). Hubungan Komunikasi Guru dengan Minat Belajar Siswa:(Studi di MTs Al-Inayah). Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 19-34. Iskandar, W. 2019 . Kemampuan Guru Dalam Berkomunikasi Terhadap Peningkatkan Minat Belajar Siswa di SDIT Ummi Darussalam Bandar Setia. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 135. Lestari, I. 2015. Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 3(2). Marleni, L. 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 149-159.

Muhammad Fathurrohman, Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras,. Hal. 173-174

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. 2016. Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135. Rifayanti. 2020. Pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap minat belajar murid pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial SD negeri 1 lalole kabupaten buton selatan. Skripsi. UMM

Sugiyono. 2011.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung.Alfabeta

------------ 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung.Alfabeta

------------ 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung.Alfabeta

------------ 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung.Alfabeta

------------ 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung.Alfabeta Suryanti, Ati. 2015. Pengaruh Keterampilan Komunikasi Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Viii Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Negeri Cirebon 1 Kota Cirebon. Skripsi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Syardiansah, H. M. B. 2016. Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 440-448.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.473-484.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id