Analisa Dampak Pandemi Terhadap Kualitas Anak Didik di Kota Pontianak Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional

Sri Ayu Irawati, Muh. Irfan Mukhlishin

Abstract


Suatu kejadian yang luar biasa act of god tentang apa yang terjadi pada dunia saat adanya wabah covid 19. Seluruh dunia redup dalam sesaat keselamatan dan kesempatan untuk hidup menjadi sebuah prioritas. Sementara hal yang lain dikesampingkan demi tercapainya kelangsungan kehidupan. Badai covid 19 yang mewabahi indonesia dan juga dunia membuat terjadinya perubahan dalam segala lini kehidupan . Sementara segala sektor kehidupan untuk sementara tidak menjadi suatu hal yang diutamakan dikarenakan keadaan yang demikian mencekam. Pendidikan adalah suatu hal yang juga terpengaruh dan berdampak besar atas keadaan itu. Transformasi digital menjadi suatu pilihan yang harus segera dapat dijalankan demi menyelamatkan keselamatan hidup anak didik disisi lain adalah upaya yang baru dalam dunia pendidikan . Sistem pendidikan tidak lagi dijalankan dengan tradisonal namun bermetamorfosid secara daring, adalah suatu hal yang baru dan tidak pernah dibayangkan akan dilakukan dengan tempo yang demikian cepat saat itu namun keadaan yang mendesak membuat hal tersebut adalah hal terbaik yang dapat dilakukan dalam keadaan sulit. Namun bagaimanakah dengan kualitas anak didik, apakah akan tetap sama ataupun mengalami penurunan atau mungkin mengalami kenaikkan kualitas dan cara berpikir setelah pandemi melanda indonesia. Penelitian ini akan menitikberatkan pada bagaimana dampak pandemi covid 19 terhadap kualitas anak didik di kota pontianak kalimantan barat.

Keywords


pandemi; anak didik; transformasi pendidikan; kualitas pendidikan; pontianak

Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di Indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i,7(5), 395-402. https://dx.doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Cahyani, A., Listina, I. D., Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa sma pada pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. IQ (Ilmu AlQur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140. http://dx.doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Dwi, B. (2020). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://ummaspul.ejournal.id

Gravetter, F. J., Forzano, A. B. (2011). Research method for the behavioral sciences, Ed 4. Wadsworth, Cengage Learning. https://libgen.is

Handarini, I., Wulandari, S. R. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home selama pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan dan Administrasi Perkantoran,8(3). https://journal.unesa.ac.id

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat edaran nomor 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (covid-19). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses dari https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id

Undang Undang No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan

Global Education Monitoring (GEM) Report 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.385-396.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id