Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Penanganan Pertolongan Pertama Siswa SMAN 1 Kota Ternate

Wasis Nugroho, Syafrudin L. Ahmad

Abstract


Permasalahan akibat kegawatdaruratan sehari-hari dapat juga terjadi dilingkungan sekolah dan hal ini perlu menjadi perhatian yang serius, sebab penanganan yang salah dapat berakibat kerugian bagi korbannya. Kerugian dapat terjadi dari kecacatan dan bahkan mengancam nyawa. Rantai penanganan hidup korban dikuatkan dari pertolongan pertama di lingkungan umum termasuk disekolah, melakukan bantuan hidup dasar pada korban gawatdarurat, penanganan luka dan cidera serta evakuasi korban ke rumah sakit. Promosi kesehatan yang dilakukan khususnya di sekolah dengan menggunakan berbagai media dan Salah satu media yang disampaikan adalah menggunakan booklet. Model dalam penelitian ini adalah kuantitatif riset. Desain penelitian menggunakan metode pra-eksperimantal. Sampel diambil secara purposif berjumlah 40 orang Siswa yang terlibat dalam organisasi kemahasiswaan. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan Microsoft Excel dan SPSS v.20. Hasil penelitian diperoleh tingkat pengetahuan antara pretest didapatkan bahwa nilai kurang sebanyak 17 orang (42%), cukup 17 orang (42,5%). Perolehan nilai baik hanya terdiri dari 13 orang (32%) dan nilai sangat baik tidak ada. Hasil posttest diperoleh sebanyak 17 orang (42%) dengan nilai sangat baik, nilai baik 16 orang (40%), peroleh nilai cukup 2 orang (5%) dan tidak ada perolehan nilai kurang. Uji analisis diperoleh nilai significancy 0.000 (p<0.05) menunjukan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan media booklet terhadap pengetahuan penanganan pertolongan pertama. Kepada pihak terkait dalam pemberian pendidikan kesehatan perlu menambah media pendukung seperti booklet yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pemberian pendidikan kesehatan.

Keywords


Pertolongan pertama; Pengetahuan; Media Booklet

Full Text:

PDF

References


Alam, R. I., & Subhan, S. (2020). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Sekolah Dasar Kecamatan Borisallo. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2). https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5504

Budiyati, G. A., & Nurhayati, P. (2021). PENGGUNAAN EDUKASI BOOKLET TERHADAP SIKAP REMAJA PADA PERILAKU MEROKOK. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, 5(2). https://doi.org/10.24912/jmstkik.v5i2.9064

Evelyn, S., & Winarti, W. (2019). Determinan Pengetahuan Bhd Dan Pertolongan Pertama Pada Guru Sekolah Dasar. Indonesian Jurnal of Health Development, 1(2).

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil Utama RISKESDA 2018. In Kementrian Kesehatan RI.

Lendra, M., Marlenywati, & Abrori. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Kecukupan Energi Remaja (Studi Pada Siswa-Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Pontianak). Jumantik.

Listyarini, A. D., Fatmawati, Y., & Indriana, S. (2020). Edukasi Gizi Ibu Hamil dengan Media Booklet Sebagai Upaya Tindakan Pencegahan Stunting. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 3(1), 73–83. Retrieved from http://jpk.jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id

Marlia, T. (2020). HUBUNGAN ANTARA USIA DAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PENANGANAN DISMENORE PADA REMAJA PUTRI DI SMK WIDYA UTAMA INDRAMAYU TAHUN 2019. Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.31943/afiasi.v5i1.92

Miranti Florencia Iswari. (2021). PENGARUH PEMBERIAN BOOKLET PENATALAKSANAAN KEGAWATDARURATAN CHOOKING PADA TOODLER TERHADAP PENGETAHUAN IBU. Jurnal Kesehatan : Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2). https://doi.org/10.52395/jkjims.v11i2.331

Nasri, N., & Leni, A. S. M. (2021). Pengetahuan Siswa Ekstrakurikuler Sekolah Menegah Atas Sederajat Kota Surakarta Tentang Pencegahan, Perawatan, Dan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga. Jurnal MensSana, 6(1). https://doi.org/10.24036/menssana.06012021.13

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Syahriza, M. (2019). KECELAKAAN LALULINTAS : PERLUKAH MENDAPATKAN PERHATIAN KHUSUS? AVERROUS: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 5(2). https://doi.org/10.29103/averrous.v5i2.2083

Widyaningrum, E. A., Wika Admaja, W., Winduhani Astuti, L., & Masyriqoh, B. (2021). Pengaruh Usia dan Jenis Kelamin Terhadap Pengetahuan Serta Perilaku Penggunaan Suplemen di Masa Pandemi pada Mahasiswa IIk Bhakti Wiyata. Majalah Farmasetika, 6. https://doi.org/10.24198/mfarmasetika.v6i0.36675

Wijayanti, Y., & Sutama, S. (2021). REKAYASA PEMBELAJARAN BERDASAR ANALISIS LINGKUNGAN DI TENGAH WABAH COVID-19. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i2.125

Tim Riskesda, 2019. Laporan Provinsi Maluku Utara Riskesdas 2018. Lembaga badan litbang kesehatan 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.253-260.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id