Pengaruh Metode Bercerita Dan Metode Pembelajaran Scaffolding Terhadap Perilaku Moral Anak

Sri Rawanti, Waode Eti Hardiyanti, Ilham Khairi Siregar, Yenti Juniarti

Abstract


Fenomena pendidikan bagi anak usia dini sekarang ini lebih menitik beratkan pada pembinaan perilaku moral anak. Berdasarkan hal tersebut banyak pendekatan model pembelajaran yang dapat diterapkan di Taman Kanak-kanak atau Lembaga PAUD dalam mengembangkan perilaku moral anak. Salah satu yang pada umumnya sudah diterapkan  pada semua lembaga yaitu metode bercerita dan ada pula yang masih jarang digunakan yaitu metode pembelajaran scaffolding. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah terdapat perbedaan perilaku  moral anak dalam metode bercerita menggunakan alat dan metode bercerita tanpa alat, (2) Mengetahui apakah terdapat perbedaan perilaku moral anak dalam metode pembelajaran scaffolding tinggi dan metode metode pembelajaran scaffolding rendah, (3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh metode bercerita dan metode pembelajaran scaffolding. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa dari 40 responden dari hasil perhitungan diketahui nilai  = 6,97. Dari tabel F pada db (A)/db (D) = 1/36 dab α = 0,05 diketahui nilai  = 4,11. Karena  >  atau Hₒ ditolak, jadi rata-rata perilaku moral anak yang diberi metode bercerita menggunakan alat lebih berpengaruh dari pada metode bercerita tanpa alat. Dengan hasil uji tersebut, berarti hipotesisi pertama yang menyatakan “metode pembelajaran scaffolding tinggi lebih berpengaruh daripada metode pembelajaran scaffolding rendah terhadap perilaku moral anak” teruji dengan signifikan.

Keywords


Bercerita; Scaffolding; Moral

Full Text:

PDF

References


Abbas, dkk. 2001. Pendekatan Transmisi Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik.Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz, A. dkk. 2002. Mendidik dengan Cerita. Bandung: PT Remaja.

Bachtiar, M. Y. 2005. Program Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Negeri makassar: Tidak diterbitkan.

Daradjat, Z. 2006. Pembinaan Moral Nilai Agama Anak. Jakarta: Bulan Bintang.

Daroeso, Bambang. 2003. Dasar dan Konsep pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Pedoman Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.Suryadi. 2006. Model Hubungan Kausal Kesadaran. Jurnal Hubungan Publik.

Dhieni, N. dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Fadhillah, M. 2012. Desain Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Friend, D.W. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gasong, D. 2007. Model Pembelajaran Konstruktif sebagai Alternative Mengatasi masalah Pembelajaran.www.muhfida.com/konstruktivistik.doc.(Online).Diakses pada tanggal 20 September 2019 pukul 19:24 WITA.

Hazlitt, H. 2003. Dasar-dasar Moralitas. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Madyawati. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Group.

Margono, S. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta Rineka Cipta.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kank-kanak. Bandung: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munandar. M. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Gaung Persada Press.

Musi, M. A. & Hikrawati. 2020. Antropologi Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak usia Dini. Bandung. PT. Refika Aditama.

Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 Tahun 2014 pasal 2 ayat 7 dan 8 tentang Pembelajaran Pada pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Purba, M. S. 2009. Pembelajaran Berbicara. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Beririentasi Standar Proses Pendiidkan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siregar, S. 2010. Metode Peneltitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Dan R & D. Bandung, CV. Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif. Dan R & D. Bandung, CV. Alfabeta.

Sunarti, M. S. 2009. Strategi Belajar Mengajar Berbagai pendekatan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Suryadi, A. 2006. Isu, Teori dan Aplikasi Untuk Pembangunan Pendidikan dan Sumber Daya Manusia. Bandung: Widya Aksara Pres.

Suryanto, dkk. 2001. Konsep dasar pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Pubishing.

Sutiarso. S. 2009. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Syamsuddin & Vismaia. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tampubolon. 1991. Mengembangkan Minat Membaca dan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H.G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keteranpilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Penjelasan Umum.

Vlamband. 2008. Teori Perkembangan Kognitif Vygostky. (online). http://vlamnand.multipl.com/journal/item/11/TEORI_PERKEMBANGAN_KOGNITIF_VYGOTSKY. Diakses pada tanggal 20 Juni 2020 pukul 13.58 WITA.

Yamin, M. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zain, A. dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.687-704.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id