Pengaruh Metode Bercerita Dan Metode Pembelajaran Scaffolding Terhadap Perilaku Moral Anak
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, dkk. 2001. Pendekatan Transmisi Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik.Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Aziz, A. dkk. 2002. Mendidik dengan Cerita. Bandung: PT Remaja.
Bachtiar, M. Y. 2005. Program Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Negeri makassar: Tidak diterbitkan.
Daradjat, Z. 2006. Pembinaan Moral Nilai Agama Anak. Jakarta: Bulan Bintang.
Daroeso, Bambang. 2003. Dasar dan Konsep pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Pedoman Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.Suryadi. 2006. Model Hubungan Kausal Kesadaran. Jurnal Hubungan Publik.
Dhieni, N. dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Fadhillah, M. 2012. Desain Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Friend, D.W. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gasong, D. 2007. Model Pembelajaran Konstruktif sebagai Alternative Mengatasi masalah Pembelajaran.www.muhfida.com/konstruktivistik.doc.(Online).Diakses pada tanggal 20 September 2019 pukul 19:24 WITA.
Hazlitt, H. 2003. Dasar-dasar Moralitas. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Madyawati. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Group.
Margono, S. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta Rineka Cipta.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kank-kanak. Bandung: Rineka Cipta.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munandar. M. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Gaung Persada Press.
Musi, M. A. & Hikrawati. 2020. Antropologi Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.
Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak usia Dini. Bandung. PT. Refika Aditama.
Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 Tahun 2014 pasal 2 ayat 7 dan 8 tentang Pembelajaran Pada pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Purba, M. S. 2009. Pembelajaran Berbicara. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Beririentasi Standar Proses Pendiidkan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siregar, S. 2010. Metode Peneltitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Dan R & D. Bandung, CV. Alfabeta.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif. Dan R & D. Bandung, CV. Alfabeta.
Sunarti, M. S. 2009. Strategi Belajar Mengajar Berbagai pendekatan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Suryadi, A. 2006. Isu, Teori dan Aplikasi Untuk Pembangunan Pendidikan dan Sumber Daya Manusia. Bandung: Widya Aksara Pres.
Suryanto, dkk. 2001. Konsep dasar pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Pubishing.
Sutiarso. S. 2009. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Syamsuddin & Vismaia. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tampubolon. 1991. Mengembangkan Minat Membaca dan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H.G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keteranpilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Penjelasan Umum.
Vlamband. 2008. Teori Perkembangan Kognitif Vygostky. (online). http://vlamnand.multipl.com/journal/item/11/TEORI_PERKEMBANGAN_KOGNITIF_VYGOTSKY. Diakses pada tanggal 20 Juni 2020 pukul 13.58 WITA.
Yamin, M. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Zain, A. dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.687-704.2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id