Pengaruh Tunjangan Profesi Dan Kompetensi Guru Terhadap Profesionalisme Guru SMA Di Kabupaten Gorontalo

Amingsih Mustapa

Abstract


Profesionalisme guru merupakan poin penting yang harus diperhatikan dan dimiliki oleh seorang guru, mengingat pentingnya peran guru dalam mewujudkan tujuan negara dalam hal mencerdaskan bangsa. Profesionalisme guru akan mempengaruhi kualitas anak didik, guru yang profesional merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Profesionalisme guru tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain tunjangan profesi guru dan kompetensi guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh tunjangan profesi dan kompetensi terhadap profesionalisme guru SMA di Kabupaten Gorontalo. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 94 guru dan 19 sekolah di Kabupaten Gorontalo, dengan asumsi data mendekati homogen maka di ambil sampel sebanyak 48 guru dari 6 sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar angket secara langsung kepada guru-guru yang menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel tunjangan profesi dan kompetensi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru. Sebanyak 30,7% dari profesionalisme guru SMA di Kabupaten Gorontalo dipengaruhi oleh variabel tunjangan profesi dan kompetensi. Sedangkan sisanya 69,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini seperti gaya kepemimpinan, lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, ekonomi dan lain-lain.

Keywords


Kompetensi Guru; Profesionalisme Guru; Tunjangan Profesi

Full Text:

PDF

References


Anwar, Muhammad, 2015. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenada Media Group

Astarini, Ita, 2015. Pengaruh Self Efficacy, Pretise, Profesi Guru dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Menjadi Guru SMA Negeri di Kabupaten Barru. Tesis Pascasarjana UNM.

Dewanto dan Tarsis Tarmudji, 1995. Metode Statistika. Yogyakarta. Liberty.

Darmawan, Deni, 2020. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ghozali, Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Janawi, 2019. Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Khotimah, 2019. Pengaruh Tunjangan Profesi Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Di Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Dipetik November 24, 2020, dari http://journalbungabangsacirebon.ac.id/index.php/edualed/article/download/106/182.

Kunandar, 2007. Guru profesional. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, 2008. Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen, 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Muslich, Masnur, 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Konstektual Pedoman Bagi Guru, Kepala Sekolah Dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Askara.

Ridwan Dan Akon, 2005. Rumus Dan Data Dalam Aplikasi Statistik. Bandung: Alfabeta.

Santoso, Slamet, 2013. Statistika Ekonomi Plus Aplikasi SPSS. Ponorogo: Umpo Press

Saondi, Ondi Dan Aris Suherman, 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung PT. Refika Aditanya.

Sugiyono, 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

Sudjana, 2005. Metoda Statistika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sujarweni, V. Wiratna, 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suyanto, Asep Jihad, 2013. Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global). Jakarta: Erlangga Group.

Syahir, Andis Saputra, 2017. Pengaruh kompetensi Guru, Status Sosial Ekonomi, dan Sikap Guru Terhadap Profesional Guru SMA Negeri Di Kabupaten Barru. Tesis Pascasarjana UNM.

Syaefudin, Udin Saud, 2008. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Tilaar, H.A.R.2002. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Yunus, Muhammad, 2016. Profesionalisme Guru dalam Pendidikan. Lentera Pendidikan, Volume 19, No. 1, Juni 2016.

Yuliandri, Jimmi dan Tahrun, 2017. Tunjangan Profesi Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Untuk Mewujudkan Guru Profesional. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 2, No. 1, Januari-Juni 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2409-2418.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id