Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Penguatan Karakter Siswa di SD Negeri 1 Minanga Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Rasman Daeng Taleba, Sitti Roskina Mas, Nina Lamatenggo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keteladanan guru dalam penguatan karakter religius siswa, (2) kestabilan emosi guru dalam membimbing siswa pada penguatan karakter integritas, dan (3) kedisiplinan guru dalam penguatan karakter kemandirian siswa di SDN 1 Minanga Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis konten dengan menggunakan proses reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan: (1) keteladanan guru dalam penguatan karakter religius siswa terlaksana dengan baik. Keteladanan tersebut dilakukan dengan menjadi contoh bagi siswanya, selalu memberikan motivasi, menyampaikan pesan moral pada siswa, melakukan kordinasi yang terus menerus kepada warga sekolah, pembiasaan pada hal-hal yang positif, serta mengevaluasi dengan melihat langsung perkembangan peserta didik, (2) kestabilan emosi guru dalam membimbing siswa pada penguatan karakter integritas juga sudah berjalan dengan baik. Hal ini dilakukan dengan pembiasaan hal-hal yang positif dari yang kecil, guru dapat mengendalikan emosinya baik dalam proses pembelajaran ataupun di luar pembelajaran, menekankan disiplin, saling menghargai dan tolong-menolong sesama sehingga mendorong peserta didik untuk dapat meningkatkan karakter positif, dan (3) kedisiplinan guru dalam penguatan karakter kemandirian siswa dilakukan melalui menerapkan kemandirian peserta didik, menerapkan tata tertib sekolah, melaksanakan pembelajaran sesuai jadwal, serta menerapkan apel pagi untuk membentuk kedisiplinan guru dan siswa.

Keywords


penguatan karakter siswa; kompetensi kepribadian guru

Full Text:

PDF

References


Antari & Liska. 2020. Implementasi Nilai Pancasila dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari Jurnal Pendidikan, 21(2), 676-687.

Fahira & Ramadan. 2021. Analisis Penerapan 5 Nilai Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Qalamuna Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 649-660.

Gunawan, H. 2017. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hosnan. 2016. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Iswari, N. 2017. Implementasi Keteladanan Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas 3 SD Muhammadiyah 21 Baluwarti Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Juliani & Bastian. 2021. Pendidikan Karakter sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. (257-265). Palembang.

Mas, S. R. 2011. Partisipasi Masyarakat dan Orang Tua dalam Penyelengaraan Pendidikan. Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

Mas, S. R. 2013. Hubungan Kompetensi Personal dan Profesional Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 2 Kota Gorontalo. Jurnal Inovasi, 5(2), 212-219.

Mulyasa, H.E. 2011. Manajen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. cet. 1 Jakarta: Bumi Aksara.

Nadia Rohmah, dkk. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 5 (1).

Nurdiana. 2017. Peranan Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa SMA Negeri I Binamu Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Tesis. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Oktiani, I. 2017. Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939.

Palupi. 2016. Ketepatan Porsi Berhubungan dengan Asupan Makan pada Usia Lanjut Usia di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Luhur, Bantul, Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia.4(1): 8-16.

Pohan, I. S. 2020. Penerapan Nilai-nilai Keteladanan Oleh Guru Serta Implikasinya Bagi Perilaku Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 054874 Desa Selayang Kecamatan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UISU. 9(2). https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/3561/2448.

Rauhah, dkk. 2021. Implementasi Kompetensi Kepribadian Guru dalam Penguatan Karakter Religius Peserta Didik melalui Pembiasaan di Kelas IV MIN 2 Serang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8351.

Sugiarto. 2019. Pendidikan Nilai dan Masa Depan Bangsa. Jurnal Akademika, 15(2), 43-51. http://www.ejournal.kampusmelayu.ac.id/index.php/akademika/articl e/view/85/77.

Umasugi, H. (2020). Guru Sebagai Motivator. Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 7(2).

http://e-jurnal.staibabussalamsula.ac.id/index.php/JUANGA/article/view/7

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2005. Jakarta: Humas Unimed. Ac.id.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. 2019. Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Peneliti Pendidikan.7(1). https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.261-268.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id