Penyuluhan Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Guru dan Siswa SDK BPPK Bandung

Ida Ida, Rosida Tiurma Manurung, Ratnadewi Ratnadewi, Ariesa Pandanwangi

Abstract


Perawatan gigi untuk anak dibutuhkan penyuluhan yang baik dan benar, tujuannya untuk mengenalkan kepada anak dan guru sekolah bagaimana memelihara kesehatan giginya. Permasalahan dalam pengabdian ini adalah SD BPPK bermaksud  secara langsung memberitahukan pengetahuan tentang gigi yang sehat dan cara perawatan serta pemeliharaannya. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka tim pengabdi dari lintas fakultas bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Kristen Maranatha mengadakan penyuluhan dan pemeriksaan gigi terhadap anak dan guru di Sekolah  Dasar BPPK Jalan Pajajaran Bandung. Untuk mengetahui keberhasilan dalam pengabdian ini, maka setelah kegiatan disebarkan angket kepada para guru yang mengikuti penyuluhan ini. Metode yang dipergunakan adalah metode angket. Hasil dari pengabdian ini dapat diketahui bahwa tingkat pengetahuan pemeliharaan gigi dan mulut guru sebagai pendidik di SD BPPK pada tingkatan sangat baik (64.7%) dan baik (35.3%).  Hal ini sebagai dasar agar dapat terus memberikan edukasi dan mengingatkan peserta didiknya untuk melakukan pemeliharaan gigi dan mulut yang baik dan benar. Hal ini juga didukung oleh perilaku guru dalam pemeliharaan gigi dan mulut sangat baik (41.2%), Baik (47.1%), dan cukup (11.8%).


Keywords


Kesehatan gigi dan mulut; Metode angket; Pemeliharaan gigi dan mulut; Pemeriksaaan gigi; Penyuluhan

Full Text:

PDF

References


Asma, A. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Negeri 2 Paguyaman. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1135–1142. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1135-1142.2021

Azizah, H. A. F., Nareswari, I., Nafisa, A. T., Hanifa, H., & Mulyani, S. (2022). Hubungan Pengetahuan Terhadap Perilaku Menjaga Kesehatan Gigi Selama Masa Pandemi. Jurnal Kesehatan Gigi Dan Mulut (JKGM), 4(1), 24–29. https://doi.org/10.36086/jkgm.v4i1.1094

Ermawati, T., Sari, D. ., & Yuliana, M. D. . (2014). Upaya Peningkatan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Lansia (Improving the Oral Health of Erderly). In Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/65035/drg. TANTIN ERMAWATI M.Kes._artikel XX.pdf?sequence=1

Kurniati, K. ., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Raudhatul Athfal Al Islam Petalabumi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(3), 1873–1892. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1873-1892.2022

Larasati, N. P., Zaid, I. ., Fauzan, M. ., & Srisantyorini, T. (2021). Penyuluhan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Masa Pandemi Covid-19 Di Panti Asuhan Yatim Dan Dhuafa Mizan Amanah Cilandak Barat. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/11084/6322

Oktaviani, E., Feri, J., Aprilyadi, N., Zuraidah, Z., Susmini, S., & Ridawati, I. . (2022). Edukasi Kesehatan Gerogi (Gerakan Gosok Gigi) Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Pra Sekolah. Journal of Character Education Society, 5(2), 363–371. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jces.v5i2.7732

Pramudita, H., Riyantomo, A., & Budiyanto, N. . (2020). Sosialisasi Perawatan Gigi dan Mulut pada Anak Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(2), 113–119. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/JINRPL/article/view/3567/pdf

SKRT. (2004). SKRT. Universitas Sumatera Utara.

Suryati, E. (2018). Implementasi Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Rupa di Kelas IX . 7. Dinamisia-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 144–149. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1082

Widyadhana, A. ., Hadi, S., & Ulfah, S. . (2022). Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Metode Bernyanyi terhadap Keterampilan Cara Menyikat Gigi. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi (JIKG), 3(2), 173–182.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.129-136.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id