Implementasi Teori Pembelajaran Behavioristik dan Humanistik dalam Pendidikan Keluarga

Novi Widiastuti, Ansori Ansori, Ihat Hatimah

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan mengenai implementasi teori pembelajaran behavioristik dan humanistik dalam pendidikan keluarga. Teori belajar seringkali dipandang hanya diterapkan pada pendidikan formal maupun nonformal, namun pendidikan keluarga merupakan salah satu unit pendidikan yang tidak bisa dipandang sebelah mata karena peran dan fungsinya yang juga memberikan kontribusi yang sangat besar pada perkembangan generasi bangsa. Beberapa penelitian terdahulu melihat implementasi teori belajar dalam satuan pendidikan baik formal maupun non formal, namun secara tidak sadar pada pendidikan keluarga pun sudah diimplementasikan namun dengan porsi dan teknik yang disesuaikan dengan iklim pendidikan keluarga. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dibahas mengenai (1) Bagaimana implementasi prinsip-prinsip teori belajar behavioristik dalam pendidikan keluarga?; (2) Bagaimana implementasi prinsip-prinsip teori belajar humanistik dalam pendidikan keluarga? Penelitian ini dilakukan pada keluarga di RT 02 Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung sebanyak 10 keluarga yang memiliki anak dibawah umur 18 tahun dengan karakteristik keluarga yang beragam dari aspek pekerjaan dan usia. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi.

Keywords


Teori Belajar; behavioristik; humanistik; Pendidikan Keluarga

Full Text:

PDF

References


Bloom, Benjamin S., etc. (1956). Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co.

Djamarah, S. Bahri. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne, R.M. (1985). The Condition of Learning Theory of Instrucion. New York: Rinehart.

Gredler, M. (2009). Learning and instruction (Theory into Practice). Upper Saddle River, New Jersey : Pearson.

Padil, M dan Suprayitno, T. (2007). Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta: Sukses Offset.

Winkel, W.S. (2000). Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia.

Wirdhana, I., et al. (2013). Komunikasi Efektif Orangtua dengan Remaja. Jakarta: BKKBN.

Undang-Undang No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.83-88.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id