Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Study Intensif Siswa-Siswi di SMPIT Pesantren Qur’an Kayuwalang

Wuriyanti Wuriyanti, Hendrik Eko Prasetiyo

Abstract


Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang menjadi pemersatu antar bangsa. Dengan memiliki kemampuan berbahasa Inggris diharapkan mampu berkompetensi secara global di segala sektor. Menguasai bahasa Inggris berarti memegang kunci sukses dalam berkomunikasi dan berinteraksi intra bangsa. Begitu pentingnya peranan bahasa Inggris sehingga penulis tergerak untuk melakukan penelitian, agar menjadi barometer sebagai evaluasi pembelajaran khususnya pelajaran bahasa Inggris. Penelitian hasil belajar bahasa Inggris melalui study intensif pada siswa-siswi di SMPIT Pesantren Qur’an Kayuwalang yakni di tekankan pada pembelajaran grammar, vocabulary dan speaking. Penelitian ini menggunakan populasi 52 orang dengan metode deskriptif kualitatif, dan pendekatan. Dengan hasil observasi ≥ 80% siswa mengalami peningkatan belajar yang baik. Nilai pembelajaran grammar lebih kecil dari nilai pembelajaran vocabulary dan speaking. Namun demikian metode study intensif siswa-siswi SMPIT Pesantren Qur’an Kayuwalang dapat diambil benang merah study intensif bahasa Inggris dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa.

Keywords


Metode Pembelajaran, Aktivitas belajar, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5

Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS EDMODO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal Artefak, 7(1). https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Shoimah, R. N. (2020). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NU SUKODADI-LAMONGAN. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1). https://doi.org/10.52166/mida.v3i1.1836

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). PEMBANGUNAN PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR (TELAAH METODE PEMBELAJARAN). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2165-2170.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id