Implementasi Model “Asyik” Dalam Meningkatkan Konsentrasi Bermain Angklung Di TK Tadika Puri

Erna Widiastuti, Sri Watini

Abstract


Masa Anak Usia Dini merupakan masa paling kritis dalam perkembangan kehidupan manusia. Semua aspek yang dimiliki seperti kognitif, sosial-emosional, fisik-motorik, bahasa, moral dan nilai-nilai agama berkembang pesat. Karakteristik anak-anak saat ini adalah identifikasi dan imitasi. Untuk itu perlu keteladanan yang baik dari lingkungan melalui pendidikan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi bermain angklung di TK Tadika Puri dengan menggunakan model “Asyik”. Dengan bermain angklung tujuan penulis berharap anak-anak akan lebih konsentrasi, penuh percaya diri, berani, dan mandiri serta dapat bekerjasama. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat langkah yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model bermain “ASYIK” ini, peningkatan minat belajar dan konsentrasi anak dalam menerima pelajaran dan bermain angklung meningkat. Dengan perolehan observasi di lakukan penelitian dari 28 anak terdapat 24 peserta didik dapat memainkan angklung dengan benar sesuai arahan guru (85,7%) dan yang belum benar memainkan sebanyak 4 peserta didik(14,3%)


Keywords


Model asyik, konsentrasi, bermain angklung

Full Text:

PDF

References


Anne Gracia RK, Sri Watini, (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah , JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Vol. 5 No. 2 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Arianty, Watini, S. (2022). Implementasi “Reward Asyik” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Kelompok B di TK Yapis II Baiturrahman.

Dwi Andrian, Sri Watini, (2022). Implementasi TV Sekolah Berbasis Literasi Digital di TK Tunarungu Sushrusa Denpasar Barat , JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Vol. 5 No. 4 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Dwi Maharani, Sri Watini (2022). Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini TKIT AL

Wildan Bekasi , JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (2614-8854)

Volume 5, Nomor 2, Februari 2022 (662-667)

Evi Mulyati, Sri Watini, (2022) Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu , JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Vol. 5 No. 2 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Fifi Italiana, Sri Watini, (2022) Implementasi TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran di TK dalam Meningkatkan Kreativitas Guru , JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Vol. 5 No. 3 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Ifat Latifah, Sri Watini, (2022) Peran TV Sekolah sebagai Alternatif Media PembelajaranJarak Jauh (PJJ) pada TKIT Al Hikmah , JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Vol. 5 No. 2 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Juli Setyowati, Sri Watini, (2022). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak melalui Model Bermain “Asyik” (Reward&Yel-Yel “Asyik”) di Tk Mutiara Cemerlang

Mariasi Mariasi, Sri Watini, (2022). Implementasi Perpustakaan Digital TV Sekolah sebagai Dokumen Otentik bagi TK Insan Profesi Baubau , JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Vol. 5 No. 3 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Retno Palupi, Sri Watini, (2022). Penerapan Model Atik untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Tata Balok di PAUD Rama Rama Tangerang Selatan , JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Vol. 5 No. 2 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Sri Watini, (2018). The Playing Method "ASYIK" Based on Multiple Intelligence in Learning Science Process at The Early Childhood Education Program (PAUD) Age 5-6 Years Sri Watini, (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini Tuti Hidayati, Sri Watini, (2022). Implementasi Model Atik dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok A melalui kegiatan Menari di TK Anak Bangsa Rawajati Pancoran, JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (2614-8854)Volume 5, Nomor 2,Februari 2022 ( 657-661 ) Watini, S. (2016, Oktober 3). Modul Model Bermain ASYIK untuk Anak Usia Dini. Dalam Buku Model Bermain Asyik Untuk Anak Usia Dini

Watini, S.,& Efendy, H. (2018). The Playing Method “ASYIK” Based on Multiple Intelligence In Learning Science Process at The Early Childhood Education Program (PAUD) Age 5-6 Years. Journal of Studies in Education, 8(1), 51 Watini, S. (2020). Implementation of Asyik Play Model In Enhancing Character Value of Early Childhood. Journal Of Physics : Conferens Series. Retrieved from Implementation of Asyik Play Model In Enhancing Character Value of Early Childhood. Watini, S. (2020). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar Pada Taman Kanak -kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Watini, S, dkk. (2020) TV Sekolah: Hak Cipta terdaftar hak paten no.ECOO202020424, 15 Oktober 2020

Watini, S., & Devana, V. T. . (2021). Teori Kuantum Baru yang Sesuai Sains dan Teknologi dengan Kaidah Ilmu Islam. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 2(1 Juni), 89–93.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2063-2076.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id