Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Dengan Pembentukan Karakter Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Unklab

Juwinner Dedy Kasingku, Ardian Mantow

Abstract


Penelitian ini menyajikan hasil uji korelasi antara status sosial ekonomi dengan pembentukan karakter siswa. Metodologi penelitian berupa pendekatan kuantitatif, dengan statistika deskriptif mean untuk menggambarkan tingkat pendidikan dan penghasilan orang tua. Jenis uji korelasi yang digunakan adalah Rank Spearman. Kuesioner yang digunakan untuk mengukur pembentukan karakter siswa, diadaptasi dari Ayuningtyas (2016), di mana dari 25 pertanyaan hanya diambil 22 pertanyaan, tiga nomor yang dibuang yaitu 3, 19, dan 20, karena tidak relevan dengan tempat penelitian. Kemudian dua pertanyaan ditambah untuk mengukur indikator status sosial ekonomi. Hasil-hasil dari penelitian ini menggambarkan tingkat penghasilan orang tua siswa kelas XI SMA Unklab Airmadidi berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan tingkat pendidikan mereka berada pada kategori tinggi. Serta didapati bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi dengan pembentukan karakter siswa.

Keywords


Disiplin, Pembentukan Karakter, Penghasilan Orang Tua, Pendidikan Orang Tua, Status Sosial Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. 2021. Cara mengatasi data yang tidak valid dan reliabel~uji validitas dan reliabilitas SPSS. [Video]. https://www.youtube.com/watch?v=c7rpHUk1HXw

Albertus, A. 2020. Kemendikbud: Ini 3 aspek membentuk karakter seseorang dan upayanya. Kompas.com. https://edukasi.kompas.com/read/2020/09/16/074951971/kemendikbud-ini-3-aspek.

Alfrits, R. S., Alvyn, H., Stimson H., Rolyana, F. 2022. Pengaruh follow the bible, prayer band, dan worship terhadap akhlak peserta didik kelas 12 di SMA UNKLAB Airmadidi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8(4), 76-92. https://doi.org/10.5281/zenodo.6357721

Awuy, S. E. 2014. Pengintegrasian nilai-nilai kemanusiaan (human values) dalam pembelajaran tematik sekolah dasar. Universitas Tadulako. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/view/2952

Ayuningtyas, I. 2017. Studi korelasi antara hasil belajar ranah kognitif pada pembelajaran aqidah akhalaq dengan kedisiplinan siswa Kelas VIII di MTs Negeri Ketanggungan Brebes Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Islam Negeri Waliwongso. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6618

Badan Pusat Statitik Indonesia. (2021). Publikasi Statistik Pendapatan Agustus 2021. p.5

Damianus, A. S., Anita, T., & Yusuf, 2020. Pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan pendidikan orang tua terhadap pembentukan karakter pada anak dalam mengamalkan nilai persatuan di Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Surakarta 2020. Jurnal Global Citizen 9(2), 86-102. https://doi.org/10.33061/jgz.v9i2.4118

Disperkimta, (July 10, 2018). Pentingnya disiplin waktu. Dinas Perumahan Kawasan

Permukiman dan Pertanhanan Buleleng. https://disperkimta.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/pentingnya-disiplin- waktu-99

Ellen, G. W. 2005. Membina anak yang bertanggung jawab. Indonesia Publishing House.

Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S., 2015. Comparison of convience sampling and purposive sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1-4. doi: 10.11648/j.ajtas.20160501.11

Faizatul, L. Y.; Anang, S.; & Sugeng, U. 2016. Hubungan disiplin dengan

tanggung jawab belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 692–697. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6226

Fatmah, N. 2018. Pembentukan karakter dalam pendidikan. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29 (2), 369–387. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.602.

Jabes, H. 2022. Hubungan pelayanan pendeta terhadap kehadiran anggota GMAHK Jemaat Betlehem dalam peribadatan. Skripsi. Universitas Klabat.

Indrawati, E. S. (2015). Status sosial ekonomi dan intensitas komunikasi keluarga pada ibu rumah tangga di Panggung Kidul Semarang Utara. Jurnal Psikologi Undip, 14(1), 52–57. https://doi.org/10.14710/jpu.14.1.52-57.

Jatmiko, R. P. 2017. Status sosial ekonomi, gaya, dan prestasi belajar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 11(1), 38–53.

Johar. P. N. 2010. Disiplin dan perilaku siswa. http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2113934-jenis-jenis-disiplin-menurut-hani/#ixzz1z0W5S4kg, diakses 14April 2016

Machali, I. 2018. Statistik manajemen pendidikan. PPMPI UIN Sunan Kalijaga.

Noor, K. P. 2015. Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, 1(2), 75–105. http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/320

Nurreni, F., Nurhadi, N., & Nurcahyono, O. H. 2021. Analisis kedisiplinan siswa berdasarkan ketaatan terhadap tata tertib sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 209–220. https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.33042.

Rizkiana, A. 2017. Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar, disiplin belajar terhadap prestasi belajar pada siswa SMK Barunawati Surabaya.

Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(2), 186. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p186-200.

Rizma, P. (October 12, 2021). Macam-macam kedisiplinan siswa di sekolah. SMA Dwiwarna.

https://www.smadwiwarna.sch.id/kedisiplinan-siswa-di-sekolah/

Rosit, M. 2021. Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar dan lingkungan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Siswa Mts. Raden Fatah Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(20), 33–37. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI.

Rusydi, A., & Muhammad, F. 2018. Statistika pendidikan (teori dan praktik dalam pendidikan). CV. Widya Puspita.

Setiawan, D., Saputra, H. D., & Nasir, M. 2019. Pengaruh status sosial ekonomi dan lingkungan kampus terhadap IPK mahasiswa. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 67–74. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.425.

Setyowati, E. 2009. Pendidikan Budi Pekerti Menjadi Mata Pelajaran Di Sekolah.

Lembaran Ilmu Kependidikan, 38(2), 148–154.

Sinta, S. I. S.; Rusni, M. 2021. Hubungan antara faktor sosial ekonomi orang tua dengan pembentukan karakter berbasis Islami pada remaja di Fakes UMKT. Borneo Student Research, 3(1), 9–16. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/1899

Sugiyono, 2012. Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suliyanto, 2017. Metode penelitian kuantitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(2), 223-232. http://dx.doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Taringan, D. N. 2017. Hubungan antara status sosial ekonomi orangtua dengan minat membaca pada siswa-siswi SMA Swasta St. Yoseph Medan XII (IPA - IPS) Universitas Medan Area. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/8051.

Tejvan, P. November 7, 2017. Kesejahteraan ekonomi. Ekonomics Help.

https://www.economicshelp.org/blog/1041/economics/economic-welfare/

Tiro, M. A., & Ilyas, B. 2004. Statistika terapan untuk ilmu ekonomi dan ilmu sosial. Andira Publisher




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1989-2002.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id