Implementasi Model Asyik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Di RA Al-Fikri Kota Batam

Muawanah Muawanah, Sri Watini

Abstract


Aspek perkembangan bahasa anak meliputi kemampuan membaca, menulis, dan menyimak. Kemampuan membaca adalah kemampuan anak dalam menyebutkan huruf, mampu menghubungkan antara gambar dan tulisan, dan membaca kata yang sesuai dengan gambar. Kemampuan membaca perlu distimulasi sejak usia dini. Raudhatul Athfal (RA) merupakan Lembaga Pendidikan bagi anak dini yaitu antara usia 4-6 tahun.Melalui pembelajaran yang tepat maka kemampuan membaca anak akan dapat berkembang dengan optimal. Maka dari itu dalam penelitian ini peneliti mengimplementasikan model bermain asyik untuk pembelajaran anak dalam meningkatkan kemampuan membaca anak. Penelitian ini dilaksanakan di RA Al-Fikri Kota Batam pada bulan Juni 2022 dengan metode penelitian menggunakan metode kualititatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.

Keywords


Model Asyik, Kemampuan membaca, Raudhatul Athfal

Full Text:

PDF

References


Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147.

Arianty, A., & Watini, S. (2022). Implementasi “Reward Asyik” untuk Meningkatkan

Motivasi Belajar Anak Kelompok B di TK Yapis II Baiturrahman. JIIP - Jurnal

Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 939-944. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.515

Arifudin, O., Setiawati, E., Chasanah, D. N., Jalal, N. M., Ma'arif, M., Suwenti, R., ... & Dewi, N. W. R. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.

Fahitah, I., & Watini, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kartu Huruf. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 105-117.

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52-64.

Muazar Habibi. 2018. Analisis Kebutuhan Anak usia Dini. Yogyakarta: Depublish

Nurutami, R., & Adman, A. (2016). Kompetensi Profesional Guru Sebagai Determinan

Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1).

Palupi, R., & Watini, S. (2022). Penerapan Model Atik untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Tata Balok di PAUD Rama Rama Tangerang Selatan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 621-627.

Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Bergambar bagi Anak Usia Dini dalam Bingkai Islam dan Perspektif Pakar Pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173-187.

Rodiah, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Permainan Konstruktif dengan Model Atik

untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Assyifa Johar Baru. JIPP: Jurrnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2).

Sari, D. Y. (2017). Peran Guru dalam Menumbuhkan Literasi Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Setyowati, J., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak melalui Model Bermain "Asyik" (Reward & Yel-Yel "Asyik") di TK Mutiara Cemerlang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3253/2714

Sri Watini, H. E. (2018). The playing method “ASYIK” based on multiple intelligence in

learning science process at the early childhood education program (PAUD) age 5-6 years. Journal of Studies in Education Macrothink Institute Website: https://www.

macrothink. org/journal/index. php/jse/article/view/12108/9960, 53.

Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1–9.

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada

Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/111

Watini, S. (2020, March). Implementation of Asyik Play Model In Enhancing Character Value of Early Childhood. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1477, No. 4, p. 042055). IOP Publishing.

Watini, S. 2019. Strategi Pembelajaran Nilai-Nilai Agama di Raudhatul Atfal Assu`Ada

Cijerah Bandung. Alim | Journal of Islamic Education. 1, 1 (Apr. 2019), 73-90.

DOI:https://doi.org/10.51275/alim.v1i1.120.

Watini, S. HKI Kemenkumham Model Desain Bermain "Asyik dalam Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. Nomor Pencatatan: 000105414, 14 Juli 2018, Kota Bekasi. Watini, S., & Devana, V. T. (2021). Teori Kuantum Baru yang Sesuai Sains dan Teknologi dengan Kaidah Ilmu Islam. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 2(1 Juni), 89-93.

Watini, S., & Efendy, H. (2018). The Playing Method “ASYIK” Based on Multiple Intelligence in Learning Science Process at The Early Childhood Education Program (PAUD) Age 5-6 Years. Journal of Studies in Education, 8(1). https://doi.org/10.5296/jse.v8i1.12108 Zahro, I.F., Atika, A.R., & Westhisi, S.M. 2019. Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Potensia, 4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1905-1914.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id