Peranan TV Sekolah Sebagai Media Berbagi Informasi Bagi Guru Dan Siswa Di TK Yosua Mimika

Nureda Nureda, Sri Watini

Abstract


Seiring perkembangan zaman dunia pendidikan dituntut untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kreatif dan sesuai dengan tuntutan saat ini dimana dunia sedang menghadapi revolusi industry yang berbasis digital. pendidikan didorong untuk melakukan revolusi baru dalam dunia pendidikan tidak hanya sebatas pada belajar dalam kelas tetapi juga menjadi sebuah tantangan untuk melakukan pembelajaran melalui media digital yang ada, Apakah sekolah-sekolah Timika mampu menghadapi tantangan digitalisasi? Televisi merupakan salah satu media yang dapat digunakan oleh beberapa lembaga khususnya lembaga pendidikan sebagai suatu sarana atau media pembelajar. TV merupakan suatu media yang memiliki potensi besar yang dapat dimamfaatkan untuk kepentingan pembelajaran dan shearing informasi terkait kegiatan pembelajaran maupun kegiatan lainnya. TV Sekolah merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh TK Yosua Mimika dalam menjadikan TV Sekolah sebuah media berbagi informasi bagi guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Adapun komponen yang diamati dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan TV Sekolah sebagai media berbagi informasi bagi guru dan siswa di TK Yosua Mimika.

Keywords


TV Sekolah, Media Informasi, Guru dan Siswa

Full Text:

PDF

References


Debora rannu dan Sri watini, (2022). Jurnal Implementasi TV Sekolah untuk Pembelajaran Semi Daring di TK Tunas Harapan Nusa.

Ernawati Harahap dan Sri Watini, 2022. Pengaruh Penggunaan Media TV Sekolah dan Metode Belajar Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin p-ISSN: 2549-3310 e:ISSN: 2623 2901 Vol 6, No. 1, 2022, Maret 2022 Hal 23-55

Fitri Laila Suwandi dan Sri Watini, ( 2022 ). Jurnal Implementasi Siaran TV Sekolah Sebagai Media Informasi Efektif di LKP Pandegelan. Pandegelan

Ifah Latifah, Sri Watini, ( 2022 ), Peran TV Sekolah Sebagai media Pmbelajaran alternatif jarak jauh ( PJJ ) di TKIT Al Hikmah.

Silva, Lintang Dian. Imajinasi Tontonan Televisi Terhadap Tuntunan Diri Anak. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjpe/article/view/3135

Mariasi dan Sri Watini, (2022). Jurnal Implementasi Perpustakaan Digital TV Sekolah sebagai Dokumen Otentik bagi TK Insan Profesi Baubau.

Muh. Ganii, ( 2022 ) Dampak Teknologi Pada Anak Usia Dini. Jakarta

Oom Rohmawati dan Sri Watini, (2022). Pemamfaatan TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Pemanfaatan TV Sekolah

sebagai Media Pembelajaran dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 196-207.doi: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.170 Smaldino, Sharon E, Lowther, Debora L, Russel, James ( 2011 ) Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana

Sugianto, ( 2008 ). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung

Sri Watini, ( 2020 ) Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Volume 4 Issue 1 (2020) Pages 110-123 Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print)

Sri Watini, (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Yulince Peday dan Sri Watini, 2022. Implementasi Media TV Sekolah sebagai Pembelajaran

Daring di TK Pertiwi VI Manokwari.http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (2614-8854)Volume 5, Nomor 3, Maret 2022 (852-857)

Yunita Damayanti dan Sri Watini, 2022. Peran TV Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini, http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) (eISSN: 2614-8854)Volume 5, Nomor 7, Juli 2022 (2646-2653)

Yunita dan Sri Watini, 2022. Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini melalui TV Sekolah, JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) (eISSN: 2614-8854) Volume 5, Nomor 7, Juli 2022 (2603-2608)




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1893-1904.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id