Implementasi Model ATIK Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Permainan Kartu Bergambar di RA Iftitah Al-Ikhlas Ambon

Nurhidayati Udjir, Sri Watini

Abstract


Masa usia dini merupakan masa yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak , sering disebut juga dengan istiah the Golden Age (masa keemasan) yaitu masa dimana pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada rentang usia 0-6 tahun akan menjadi fondasi bagi anak untuk menentukan masa depannya. Stimulasi berupa penyediaan lingkungan yang kondusif sangat diperlukan sehingga anak memiliki kesempatan untuk dapat mengembangkan seluruh potensinya. Salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang perlu dikembangkan adalah aspek bahasa. Perlu adanya penggunaan model pembelajaran yang tepat sehingga kemampuan bahasa anak dapat dicapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan bahasa anak melauli permainan kartu bergambar dengan menggunakan model pembelajaran .ATIK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara dan dokumen lain yang mendukung. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman, Penggunaan Model ATIK dalam permainan kartu bergambar terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Penggunaan media kartu bergambar dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak

Keywords


Implementasi Model ATIK; Bahasa Anak

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto (2013), Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Teori, Jakarta : Bumo Aksara,

Abubakar Baraja. (2008). Psikologi Perkembangan (pp. 112–113). Studia Press.

Adawiyah, R & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Volume 5 Nomor 3 ( p. 883 – 897)

Ainun Mahendrawani (2019), meningkatkan kemampuan berbahasa mealui permainan kartu kata bergambar pada Kelompok A TK Dharma Wanita Loyok. Jurnal Nusantara Volome 2 No 1

Dkk, S. A. (2011). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini

Emzir. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Fika Septiana Sari, (2020), Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Melalui Metode Bercerita Kelompok B RA Roudhatul Ulum Pasuruan, Jurnal Pedagogi Volume 6 Nomor 2

I Nyoman Adi Putra (2018), Pengembangan multimedia flashcard untuk meningkatkan kemampuan menyimak di TK Negeri Pembina Singaraja, Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan Volome 9 Nomor 2

KMA Nomor 792 Tahun 2018 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum raudhatul Atfhal Model ATIK ( Sri Watini.) HKI Kemenhumham No pencatatan 000229956 Januari 2018 No Permohonan EC00202059888

Nana Syaodih Sukmadinata (2011), Metode Penelitian Pendidikan,Bandung Remaja Rosdakarya

Nilawati Tadjuddin (2015), Desain Pembelajaran Anak Usia Dini, Jakarta : Indeks,

Nurbiana Dheni (2013), Metode Pengembnangan Bahasa, Jakarta Universitas Terbuka

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini,

Ratna Wulan (2011), Mengasah Kecerdasan Pada Anak Bayi dan Prasekolah Yogyakarta Pustaka Pelajar,

Rahmawati Mulyaningtyas (2019), Stimulasi Dalam Memaksimalkan Kemampuan Berbahsa Anak Usia Dini, Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak Pusat Studi Gender dan Anak IAIN Tulungagung. Volume 3 Nomor 1

Rormauli, C, R & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk mengembangkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis dalam Kegiatan Menggambar di TKIT Insan Mulia Pancoran Persatuan. JIIP : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Volume 5 Nomor 3 ( p. 888 – 894)

Sudjana. (2016). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sukemi, (2019), Kartu Kata Bergambar Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak, Prosiding Seminar Nasional Magister Psikilogi Universitas Ahmad Dahlan

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang – Undang Nomor 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Watini, S. (2021). Pengembangan Model ATIK untuk meningkatkan Kompetensi Menggambar Pada Anak Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 Nomor 2 ( p. 1512 – 1520)

Yuniati Ningsih, D & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk meningkatkan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Menggambar Menggunakan Crayon Di PAUD Saya Suka Anak Indonesia. JIIP : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Volume 5 Nomor 2 ( p. 646 – 651)

Yuliani Nuraini (2013),. Konsep Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Indeks




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1861-1872.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id