Menumbuhkan Literasi Membaca Awal Melalui Permainan Tradisional Engklek Di TK Nurul Aulia Depok

Rohayati Rohayati, Erna Budiarti

Abstract


Permainan tradisional pada Anak Usia Dini (AUD) merupakan wujud untuk mengimplementasikan budaya-budaya luhur bangsa dalam diri peserta didik sehingga literasi membaca awal tertanam sejak dini. Pembelajaran berbasis permainan tradisional dapat menjadi solusi guna terwujudnya literasi membaca Awal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas (PTK), dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian yang di khususkan pada Kelompok A pada TK Nurul Aulia Depok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis permainan tradisional engklek dirasakkan sangat efektif dalam merangsang dan menumbuhkan kemampuan literasi membaca awal pada Kelompok A di TK Nurul Aulia Depok.

Keywords


Permainan tradisional Engklek, Kelompok A, Literasi Membaca Awal

Full Text:

PDF

References


Desmita. (2013).Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Eliza, D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (CTL) Berbasis Centra di Taman Kanak-kanak. Pedagogi UNP, XIII(No. 2). Eliza, D. (2017). Pengembangan model pembelajaran karakter berbasis cerita tradisional Minangkabau untuk AUD. Pedagogi: Jurnal AUD dan Pendidikan AUD, 3(3b). 153-163 Haris, I. (2016). Kearifan Lokal Permainan Tradisional Cublak- Cublak Suweng Sebagai Media Untuk Pengembangan Kemampuan Sosial Dan Moral AUD. Jurnal AUDI, 1(1), 15–20. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). MateriPendukung Literasi Budaya dan Kewarganegaraan. Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk AUD di Pendidikan AUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566. Majid, A. (2018). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya. Masitoh, dkk. (2005). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka. Muazimah, A., & Wahyuni, I. W. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal melalui Permainan Tradisional Tarik Upih dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam AUD, 3(1), 70-76. Nasution, H. (2013). Teori literasi. Sumatera: Universitas Sumatera Utara. Nasution, N H. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing. Naway, F., A. (2016). Strategi PengelolaanPembelajaran. Gorontalo: Ideas Publishing. Pamungkas, J., Hayati, N., & Maryatun, B. (2016). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran PAUD Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 831–839.

Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak Tradisional Games in Improving Children’S Basic Abilities. Jurnal Psikologi Jambi, 2(2), 48–53.

Shomiyatun. (2019). Pentingnya Menumbuhkan Kesadaran Anak Pada. Qurroti: Jurnal Pendidikan Islam AUD, 1(2), 62–71.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan AUD. PT.Bumi Aksara.

Suryana, D. (2011). Efektivitas Outbound dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri pada Anak Taman Kanak-kanak Pertiwi VI Padang. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan AUD.

Suryana, D. (2019). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suwandayani, B. (2018). Elementary School Education Journal, ELSE ( Elementary School Education Journal ). 2(1), 93–103.

Wahyuni, I. W., & Muazimah, A. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Tradisional "Tarik Upih" Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan AUD Undiksha, 8(1), 61-68.

Wahyuni, R., & Berliani, T. (2018). Pelaksanaan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 108-115.

Wulansari, B. Y. (2017). Pelestarian Seni Budaya dan Permainan Tradisional melalui Tema Kearifan Lokal dalam Kurikulum Pendidikan AUD. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal), 2(1).

Yudin, J. (2015). Pengintegrasian Literasi Budaya dan Kewargaan Dalam Teks Hikayat pada Buku Teks Bahasa Indonesia. Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra (Konnas Basastra) V, 149–156.

Yulianingsih, W., Lestari, G. D., & Rahma, R. A. (2018). Parenting Education Dalam Literasi Budaya Dan Kewargaan. In Prosiding Seminar Nasional & Temu Kolegial Jurusan PLS Se- Indonesia (pp. 55-58).

Yulita, R. (2017). Permainan Tradisional Anak Nusantara. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1715-1724.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id