Implementasi Pembelajaran Berbasis Media TV Sekolah di TK Carsa Kids

Supriati Supriati, Sri Watini

Abstract


Tujuan tulisan ini untuk membahas kegunaan dari TV sekolah sebagai media yang dipakai oleh sekolah dalam mengimplementasi pembelajaran melalui media TV. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, lokasi dalam penelitian ini adakan di TK Carsa Kids di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara , dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tenaga kependidikan , Guru kelas ,siswa dan orang tua siswa TK Carsa Kids.TV Sekolah adalah sarana untuk belajar dan berkreasi. Televisi Sekolah mempunyai fungsi sebagai media informasi, sebagai sarana Pendidikan publik mulai Lembaga PAUD sampai ke Perguruan Tinggi. Televisi (TV) sekolah dapat menyelenggarakan siaran sendiri baik melalui laptop atau Handphone (HP) . Fitur Utama dalam TV Sekolah adalah Panggung Sekolah, Perpustakaan Digital, Festival TV Sekolah dan Kelas Virtual. Dengan melalui TV Sekolah menjadikan pendidik dapat meningkatkan kreativitasnya dalam membuat perencanaan ,menyusun dan mewujudkan dalam bentuk tayangan kegiatan pembelajaran yang lebih menarik dan memudahkan orang tua siswa dapat memahami pembelajaran yang dilakukan disekolah. TV Sekolah yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat di akses oleh peserta didik, orang tua dan masyarakat umum.

Keywords


Implementasi, Pembelajaran, Media, TV Sekolah

Full Text:

PDF

References


Watini, S, dkk. (2020), TV Sekolah: Hak Cipta terdaftar hak paten no. ECOO202020424, 15 Oktober 2020

Dr. Sri Watini,dkk. Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Covid – 19, Jurnal Pendidikan Tambusai ; Vol. 5 No. 20 (2021);2021

Latifah, I., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) pada TKIT Al Hikmah. 5(2014), 602–606.

Watini, S. (2019). Implementasi model pembelajaran sentra pada TK Labschool STAI Bani saleh Bekasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110–123

Fitri Laila Suwardi, Sri Watini.(2022 ) Implementasi Siaran TV Sekolah Sebagai Media Informasi Efektif di LKP Fitri Pandeglang ; http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.887-892.2022

Debora Rannu, , Sri Watini (2022 ), Implementasi TV Sekolah untuk Pembelajaran SemiDaring di TK Tunas Harapan Nusa I : JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (2614-8854) Volume 5, Nomor 3, Maret 2022 (822-828)




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1633-1640.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id