Pendampingan Pembuatan Karya Seni 3 Dimensi Dengan Menggunakan Material Bata Ringan Untuk Guru-Guru Seni Rupa di BPK Penabur Jakarta

Ariesa Pandanwangi, Belinda Sukapura Dewi, Alisha Sugianto

Abstract


Peningkatan kompetensi guru seni rupa, salah satunya melalui program pelatihan membuat karya seni 3 dimensi dengan menggunakan bata ringan.  Pesertanya adalah guru seni budaya di lingkungan BPK Penabur dari jenjang Sekolah dasar hingga jenjang SLTA. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pendampingan guru-guru dalam membuat komposisi 3 dimensi dengan menggunakan bahan bata ringan, yang nantinya ketrampilan ini memperkuat basis pembelajaran seni budaya. Agar berhasil program pengabdian ini maka digunakan metode Community Based Participatory Research (CBPR). Peserta terdiri atas 30 orang guru, terdiri atas guru SLTA 18 orang dan guru SD sebanyak 12 orang. Hasil dari pelatihan ini  para guru dapat meningkatkan kompetensinya dan ketrampilan dengan membuat produk dari material bata ringan dengan menggunakan komposisi 3 dimensi, sehingga diharapkan dapat diajarkan kembali kepada para siswanya di kelas seni budaya. 


Keywords


Komposisi; Pendampingan; Seni rupa; Tiga dimensi

Full Text:

PDF

References


Anindita Trinura Novitasari, Indah Purnama Sari, & Zaeni Miftah. (2020). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 66–73. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1848

Aryani, Dewi Isma, Aulia Wara A.P. , dan Tan, I. J. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Rumah Tangga Melalui Kreativitas Pemanfaatan Kaus Bekas Dengan Teknik Tie Dye. Abdimas Unwahas, 5(1), 45–51. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/ABD/article/view/3335/3113

Berleant, A. (1970). The Aesthetic Field. http://www.amazon.com/The-Aesthetic-Field-Arnold-Berleant/dp/1877275255

Heilman, K. M., & Acosta, L. M. (2013). Visual artistic creativity and the brain. In Progress in Brain Research (1st ed., Vol. 204). Copyright © 2013 Elsevier B.V. All rights reserved. https://doi.org/10.1016/B978-0-444-63287-6.00002-6

Hendrik A.E. Lao, Y. Y. C. H. (2020). Implementasi Kebijakan Kemerdekaan Belajar Dalam Proses Pembelajaran Di Kampus IAKN Kupang-NTT. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8848(2), 201–209.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Pandanwangi, A. (2020). Upaya Perupa dalam Menyikapi Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 91–98. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/14

Pandanwangi, Ariesa. (2015). Representasi “Teks Budaya Sunda” Menjadi Teks Visual Dalam Karya Seni Rupa Instalasi. Seminar Nasional Fakultas Seni Rupa Dan Desain Universitas Tarumanagara 2015. Visual Art and Design, Past, Present, and Future, 1–6. http://repository.maranatha.edu/20450/1/Ariesa_Representasi Teks Budaya Sunda.pdf

Pandanwangi, Ariesa, Catherina, O., & Merry, E. (2019). Pendampingan Komunitas Pembatik Melalui Pelatihan Alih Pengetahuan Membatik dengan Material Berbasis Kearifan Lokal. ENGAGEMENT : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 68–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29138/engagement.v3i1.89

Pandanwangi, Ariesa, Dewi, B. S., Ida, I., Edi, D., & Pattipawaej, O. (2021). Peningkatan Daya Saing Masyarakat: Pelatihan Membatik Kreatif Ramah Lingkungan di Masa Pandemi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 439. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.439-448.2021

Purwanti, L., Widyaningrum, R., & Melinda, S. A. (2020). Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal Of Biology Education, 3(2), 157. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.8446

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Rofian. (2016). Penerapan metode pembelajaran demostrasi pada pendidikan seni rupa di sekolah dasar. Majalah Ilmiah Pendidikan Dsasarasar, 6(2), 173–181. https://media.neliti.com/media/publications/147505-ID-penerapan-metode-pembelajaran-demostrasi.pdf

Suhendri, S., Sabri, R., Arifin, Z., Rahman, M. A., Ainaya, T., & Fahmi, H. A. (2021). Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) DOD Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 1–5. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/22128

Susilawati. (2018). Pemberdayaan Perempuan di Kampung Damai: Studi Pendampingan Komunitas oleh Wahid Foundation di Gemlegan Klaten. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 2(2), 425–446. https://doi.org/10.14421/jpm.2018.022-010




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2053-2062.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id