Pengaruh Media Trainer Programmable Logic Control (PLC) Terintegrasi Sistem Pneumatik Di SMK Negeri 5 Batam
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan prosedur pengembangan model 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Dalam upaya validasi media, Trainer PLC terintegrasi sistem pneumatik diaplikasikan dalam pembelajaran siswa SMK Negeri 5 Batam. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis statistik untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media trainer PLC terintegrasi sistem pneumatik yang dikembangkan. Hasil penelitian ini berupa produk trainer PLC terintegrasi sistem pneumatik. Validasi yang dilakukan terhadap produk hasil penelitian menunjukkan bahwa trainer sudah memenuhi prinsip validitas, dengan tingkat pencapaian 0,95. Prinsip praktikalitas juga sudah terpenuhi dengan 92,44 guru dan 91,69 siswa menyatakan praktis. Pengujian terhadap efektivitas media yang dikembangkan diperoleh kenaikan rata-rata skor nilai naik sebesar 20%. Dapat disimpulkan bahwa media trainer PLC valid, praktis, dan efektif untuk dipakai dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyar, M dan Zulkarnain, A. (2016). Rancang bangun media praktikum sistem pneumatik berbasis plc. Rancang Bangun Media Praktikum Sistem Pneumatik Berbasis Plc, 03, 219–228.
Amin, A., & Sulistiyono, S. (2021). Pengembangan Handout Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 29. https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33436
Mamartohiroh, S., Muhandaz, R., & Revita, R. (2020). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP/MTs. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 46–58. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.524
Nugroho, A. W., Riyanta, B., Anugrah, F., & Yudha, K. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dan Siswa Smk Muhammadiyah Melalui Pembuatan dan Pelatihan Trainner Elektropneumatik. 767–775. https://doi.org/10.18196/ppm.42.737
Suhardi, D., Basem, Z., & Supardi, S. (2022). the Effect of Leadership and Motivation on Teacher Performance At Smk Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 4(1), 126–136. https://doi.org/10.55768/jrmi.v4i1.124
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1795-1804.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id