Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango

Dea Pratiwi Kaharu, Radia Hafid, Melizubaida Mahmud

Abstract


The purpose of this study was to determine how big the influence of economic literacy in schools on the consumption behavior of class XII Ips students at SMA Negeri 1 Kabila, Bone Bolango Regency. With the number of respondents 60 respondents (students), survey approach. The quantitative research method, with data collection techniques of observasion, questionnaires and documentation, data analysis techniques using multiple regression analysis. The results of the study show that statistical hypotheses are compiled and there is an effect of economic literacy on the three indicators with the T test (simultaneous), namely; social environment (X1), use of limited resources (X2), and benefits and economic transaction costs (X3) of Fcount Ftable (3,510 β‰₯ 3,16) with a significance value of 0,021 ≀ 0,05 in school on the consumption behavior of class XII Ips students of SMA Negeri 1 Kabila, Bone Bolango district. And the F test (partial) only the social environment variable (X1) has significant positive effect on students' consumption behavior (Y). And the result of coefficient determination(𝑅2)effect is 15.8%, while the remaining 84.2% influenced by other variables.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Literasi Ekonomi Di Sekolah Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa kelas XII Ips SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone bolango. Dengan jumlah responden 60 responden (siswa), pendekatan survei, Metode penelitian Kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data observasi, angket dan dokumentasi, tehnik analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian mennunjukkan Hipotesis statistik terdapat Pengaruh literasi ekonomi dari tiga indikator dengandi uji T (simultan) yaitu; lingkungan sosial (X1), penggunaan sumber daya yang terbatas (X2), serta, manfaat dan biaya transaksi ekonomi (X3) sebesar Fhitung β‰₯ Ftabel (3,510 β‰₯ 3,16) dengan nilai signifikansi 0,021 ≀ 0,05. di sekolah terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XII Ips SMA Negeri 1 Kabila kabupaten Bone bolango. Dan di uji F (parsial) hanya variabel lingkungan sosial (X1) yang berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumsi siswa (Y). Serta hasil koefisien determinasi (𝑅2) pengaruhnya sebesar 15,8%, sedangkan sisanya sebesar 84,2% dipengaruhi oleh variabel lain.


Keywords


Literasi Ekonomi, Perilaku Konsumsi Siswa, Economic Literacy in Schools, Student Consumption Behavior

Full Text:

PDF

References


Drifanda, V. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pgri Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, Vol. 3, No. 1, 2018, 3, 36-41.

Engel, James F, Blackweel, Roger, Miniard, Paul W. 1994. Perilaku Konsumsi. Jakarta: Binarupa Aksara.

Eva Oktafikasari, A. M. (2017). Konformitas Hedonis Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Gaya Hidup Konsumtif. Economic Education Analysis Journal 6 (3) 2017, 6, 684-697.

Hafid, R., Pd, S., Si, M., Mahmud, M., Pd, S., Si, M., & Sofianti, V. (2021). The Impact of Economic Education in the Family on the Consumption Behavior of the Fishing Community Mediated by Financial Literacy in the Fishing Community in Kabila Bone Sub-District. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(10), 21–27.

Iis Aisyah. (2014). Β³Pengaruh Peangalaman Belajar dan Modernitas terhadap Literasi Ekonomi (Studi Pada Masyarakat di Desa Cijaku, Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak-Banten)”. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

J. Paul Peter, Jerry C. Olson. (1999). Consumer Behavior : Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Januar Kustiandi. (2011). Beberapa Kajian Teori Kawasan Pendidikan Ekonomi. Malang PPS UM.

Khan. (2006). Customer Behavior and Advertising Management. New Delhi : New Age Internasional

Mamang Sangadji, dan Sopiah, 2018. Perilaku Konsumen, Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian.

Murniatiningsih, E. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi Siswa, Hasil Belajar Ekonomi, Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Smp Negeri Di Surabaya Barat. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol. 5 No. 1 Tahun 2017, 5, 127-156.

Nugroho, J Setiadi. (2015). Perilaku Konsumen. Jakarta : Prenadamedia Group

Rosyidi Suherman. (2011). Pengantar Teori Ekonomi : Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro dan Makro. Jakarta : Rajawali Pers

Schiffman, Leon G dan Kanuk, Leslie Lazar. (2004). Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Jakarta : PT Indeks

Septiana, A. (2015). Pengaruh Economics Literacy Terhadap Perilaku Konsumsi Yang Dimediasi Oleh Nilai-Nilai Budaya Lokal Dan Promosi Pada Siswa Sma Negeri Se Kota Pamekasan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, Vol. X No. 2 Desember 2015, 10, 154-164.

Shelia Faradila Kusuma1, P. H. (2019). Analisis Perilaku Konsumsi Peserta Didik Kelas Xii Ips Sma Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.12, No.1, 2019, 12, 55-60.

Sigit Winarno dan Sujana Ismaya (2007) Kamus Besar Ekonomi, Bandung Pustaka Grafika

Sina, P. G. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia, 8(2), 1315143.

Sugiyono, P. D. (2019). metode penelitian pendidikan. (S. S. Dr. Apri Nuryanto, Ed.)

Sukwiaty, dkk. (2006). Ekonomi SMA Kelas X. Jakarta : Yudistira

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan :Meneropong Imbas Pesan Televisi.Bandung : Penerbit

Tatik Suryani. (2008). Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu

Ujang Sumarwan. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Wahyudi Adji. (2004). Ekonomi SMA. Jakarta : Erlangga

Weber, M. (1978). Economy and Society. Berkley : University of California Press

Winaryo, K. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas Xi Ips Di Sma N 1 Rembang Purbalingga. Skripsi




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1561-1578.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id