Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Dimasa Pandemi Covid-19 di STIE Pembangunan Tanjungpinang

Yuri Tanto, Eko Murti Saputra, Armansyah Armansyah, Herman Herman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya serta besarnya pengaruh metode pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa di masa pandemi Covid-19.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa STIE
Pembangunan Tanjungpinang yang terdiri dari 2 angkatan yaitu angkatan 2019 dan 2020. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 mahasiswa. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu Analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran daring memiliki pengaruh positif dengan tingkat signifikansi
0,0000 terhadap minat belajar mahasiswa STIE Pembangunan Tanjungpinang di masa pandemi Covid-19. Artinya semakin baik kualitas pembelajaran daring maka semakin
tinggi minat belajar mahasiswa. Besarnya pengaruh metode pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa hanya sebesar 29,6%. Itu artinya meskipun signifikan
akan tetapi kemampuan dosen dalam melaksanakan metode belajar daring tetap memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa untuk belajar.


Keywords


Pembelajaran Daring, Minat Belajar, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:

Kencana Prenadamedia Group

Alimuddin. Tawany Rahamma, dan M. Nadjib. 2015. Intensitas Penggunaan ELearning

Dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana Di

Universitas Hasanuddin. (http:// 95461-ID-intensitas-penggunaan-elearningdalam-

m, diakses 10 Februari 2020).

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-

Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218

https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N., 2015. Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk

Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: Dee Publish.

Hadisi, dan Muna. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model

Inovasi Pembelajaran ( E-Learning ). Jurnal Al-Ta’dib, 8, 127–132.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study

From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi

Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Penyakit

Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2),119–129.

Herayanti, L., Fuadunnazmi, M., & Habibi. (2017). Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala

Pendidikan, 210–219.

Kartika, A. R. (2018). Model Pembelajaran Daring. Journal of Early Childhood Care &

Education, 27

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan

Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and

Literature, 03, 102

Kurniawan, D,A & Makin. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap

Minat Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and

development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Vol.9 No.2 Edisi Mei 2021

Mustofa, Chodzirin, & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring

Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Journal of

Information Technology, 01, 154.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Aprida Pane

Muhammad Darwis Dasopang. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–

Parwanto, M. (2020). Virus Corona (2019-nCoV) penyebab COVID-19. Jurnal

Biomedika Dan Kesehatan, 3(1),1–2. https://doi.org/10.1038/nsmb1123

Rofiqah, T., & Sunaini, S. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil

Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Integral Hidayatulah Batam. KOPASTA:

Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1), 41–46.

https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1122

Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa dengan

Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat Karai

dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia,

(1), 78–81.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.

Biodik, 6(2),109–119.https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Setyani, M. R., & Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam

Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. Pendidikan

Matematika, 01 (Oktober), 73–84.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal

Kajian Ilmiah,1(Juli),1–3. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi

Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1)

https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386

Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap

EkonomiIndonesia.Medcom,Id,4(2),1.https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadapMinat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1301-1308.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id