Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Dimasa Pandemi Covid-19 di STIE Pembangunan Tanjungpinang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya serta besarnya pengaruh metode pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa di masa pandemi Covid-19.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa STIE
Pembangunan Tanjungpinang yang terdiri dari 2 angkatan yaitu angkatan 2019 dan 2020. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 mahasiswa. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu Analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran daring memiliki pengaruh positif dengan tingkat signifikansi
0,0000 terhadap minat belajar mahasiswa STIE Pembangunan Tanjungpinang di masa pandemi Covid-19. Artinya semakin baik kualitas pembelajaran daring maka semakin
tinggi minat belajar mahasiswa. Besarnya pengaruh metode pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa hanya sebesar 29,6%. Itu artinya meskipun signifikan
akan tetapi kemampuan dosen dalam melaksanakan metode belajar daring tetap memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa untuk belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Kencana Prenadamedia Group
Alimuddin. Tawany Rahamma, dan M. Nadjib. 2015. Intensitas Penggunaan ELearning
Dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana Di
Universitas Hasanuddin. (http:// 95461-ID-intensitas-penggunaan-elearningdalam-
m, diakses 10 Februari 2020).
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-
Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218
https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N., 2015. Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk
Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: Dee Publish.
Hadisi, dan Muna. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model
Inovasi Pembelajaran ( E-Learning ). Jurnal Al-Ta’dib, 8, 127–132.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study
From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi
Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.
Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Penyakit
Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2),119–129.
Herayanti, L., Fuadunnazmi, M., & Habibi. (2017). Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala
Pendidikan, 210–219.
Kartika, A. R. (2018). Model Pembelajaran Daring. Journal of Early Childhood Care &
Education, 27
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan
Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and
Literature, 03, 102
Kurniawan, D,A & Makin. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap
Minat Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and
development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Vol.9 No.2 Edisi Mei 2021
Mustofa, Chodzirin, & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring
Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Journal of
Information Technology, 01, 154.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Aprida Pane
Muhammad Darwis Dasopang. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–
Parwanto, M. (2020). Virus Corona (2019-nCoV) penyebab COVID-19. Jurnal
Biomedika Dan Kesehatan, 3(1),1–2. https://doi.org/10.1038/nsmb1123
Rofiqah, T., & Sunaini, S. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil
Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Integral Hidayatulah Batam. KOPASTA:
Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1), 41–46.
https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1122
Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa dengan
Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat Karai
dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia,
(1), 78–81.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.
Biodik, 6(2),109–119.https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Setyani, M. R., & Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam
Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. Pendidikan
Matematika, 01 (Oktober), 73–84.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal
Kajian Ilmiah,1(Juli),1–3. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi
Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1)
https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386
Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap
EkonomiIndonesia.Medcom,Id,4(2),1.https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadapMinat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1301-1308.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id