Optimalisasi Media Presentasi Berbasis Aplikasi Prezi

Imma Rachayu, Diah Selviani, Desy Maryani

Abstract


Teknologi Pendidikan adalah sebuah studi dan praktik etis dalam upaya memfasilitasi proses belajar serta meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, mengelola proses dan sumber teknologi yang tepat. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang meliputi kepustakaan, wawancara, proses pembuatan, implementasi dan evaluasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa dari 40 orang mahasiswa, ada 33 orang mahasiswa atau sebesar 82,5% mampu mengerjakan tugas dan latihan tepat waktu, tumbuh sikap belajar mandiri serta menumbuhkan rasa ingin tahu terhadap teknologi yang dihadapi setelah mereka mengoptimalisasikan media presentasi berbasis aplikasi frizi. Sedangakan 7 orang mahasiswa atau sebesar 17,5% setelah mereka mengoptimalisasikan media
presentasi berbasis aplikasi frizi, mereka belum mampu mengerjakan tugas dan latihan tepat waktu, rendahnya sikap mandiri dikarenakan malu bertanya dan kurang menumbuhkan rasa ingin tahu karena disebabkan android yang mereka miliki belum support system. Penelitian dapat disimpulkan bahwa optimalisasi media presentasi berbasis Prezi mampu memberikan manfaat yang sangat baik bagi dosen dan mahasiswa di masa new normal pandemic pada saat ini, sehingga media presentasi ini mampu menambah nilai lebih interaktif dan inovatif dalam proses pembelajaran.


Keywords


Media, presentasi, aplikasi, prezi

Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ardian Asyhari, ―Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk

Buku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu,‖ Jurnal Al-Biruni 5, no. 1 (2016): 3.

Muhammad Yaumi. 2018. Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group

Munir. 2015. Multimedia “Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan”. Bandung: Alfabeta

Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis TIK “Mengembangkan Profesionalitas

Guru”. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta:

Graha Ilmu.

Sudijono, Anas. 2012. Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung:

Alfabeta.

Susilana, Rudi. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Della Healey, Ken Stevens.Canadian. Student Access to Information Technology and

Perceptions of Future Opportunities in Two Small Labrador

Communities.Journal of Learning and Technology.V28(1) Winter / hiver,

https://cjlt.ca/index.php/cjlt/

E Marpanaji1, M I Mahali1 and R A S Putra2. -Survey on How to Select and Develop

Learning Media Conducted by Teacher Professional Education Participants.

Journal of Physics: Conference Series, Volume 1140, International Conference on

Electrical, Electronic, Informatics and Vocational Education (ICE-ELINVO

. https://iopscience.iop.org/




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1283-1290.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id