Pelatihan Kreatifitas Menggambar Ilustrasi Naratif “Primitif Art” Untuk Anak Binaan di Sekolah Tunas Sinergi Indonesia

Tasri Jatnika, Ayoeningsih Dyah Woelandhary

Abstract


Menggambar adalah cara ungkap yang paling mudah setelah bahasa gerak tubuh. Bagi usia anak-anak yang belum mengenal huruf serta angka, gambar adalah sarana untuk menggambarkan idenya, melalui torehan, tarikan garis dan warna. Karya yang dihasilkan lugas, naif, jujur, berani dan menampilkan ciri khas unik dari setiap anak yang sangat berbeda satu sama lain. Pelatihan materi pengajaran metode gambar dari yang melakukan pengembangan kreatifitas dari karya manusia di masa primitif atau Primitif Art, yakni berupa cetakan gambar tangan yang ditemukan di dalam gua kuna yang berisi gambar cadas, yang bisa dikembangkan menjadi sebuah narasi yang bisa diceritakan kembali dalam bentuk presentasi sederhana oleh anak-anak. Proses pendampingan dalam pelatihan ini dilakukan untuk menumbuhkan keragaman ekspresi anak-anak binaan di Yayasan Rumah Sinergi Indonesia. Tujuan dari proses pendampingan dan pelatihan ini adalah sebagai salah satu sarana untuk memberikan ruang ekpresi bagi anak binaan di lingkungan yayasan yang memiliki konsentrasi agar anak-anak mendapatkan sarana dan ekspresi.

Keywords


Kreatifitas, Menggambar, Ilustrasi Primitif Art, Sekolah Tunas Sinergi Indonesia

Full Text:

PDF

References


Sofyan Salam (2017). Seni Ilustrasi, Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar

Aini Loita (2017). Karakteristik Pola Gambar Anak Usia Dini, Universitas

Muhammadiyah Tasikmalaya, Early Childhood-Jurnal Pendidikan

R. Cecep Eka Permana (2022). Gambar Cadas Pra Sejarah dan Dinamika Budayanya di

Kawasan Maros-Pangkep Sulawesi Selatan, Universitas Indonesia, Jurnal

Presentasi di Festival Borobudur

https://disdikpora.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/ada-banyakmanfaat-

menggambar-bagi-anak-usia-dini-77




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.893-900.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id