Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembuatan Bahan Ajar Multimedia
Abstract
Tujuan dari penulisan ini untuk mendeskripsikan implementasi peningkatan literasi digital pembuatan bahan ajar multimedia. Kegiatan ini dilaksanakan mengacu pada kebutuhan guru dalam membuat bahan ajar multimedia sesuai dengan kondisi saat ini yang sedang pandemi Covid 19. Pembelajaran daring dilakukan di tingkat sekolah PAUD sampai jenjang pendiikan tinggi. Sekolah PAUD banyak dibentuk dan didirikan oleh masyarakat dengan sumber daya manuasia (guru), sarana prasarana dan dana yang sangat terbatas, namun dalam praktiknya mereka harus mampu membuat bahan ajar yang menarik dan berbasis pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Populasi dari diseminasi ini adalah Satuan Padud Ssejenis (SPS) PAUD Gandaria yang berlokasi di Tegalgundil, Bogor Utara. Sasarannya adalah guru SPS PAUD Gandaria berjumlah 10 orang.Hasil identifikasi terdapat 2 orang guru yang mampu menggunakan aplikasi Microsoft Office, sementara 8 orang lainnya perlu pelatihan yang intensif. Metode pelaksanaannya pertama melakukan survei tempat, sampel, memberikan pre test sebelum pelatihan, dilanjutkan dengan post test setelah pelatihan. Target kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan literasi digital pada guru PAUD dalam membuat bahan ajar multimedia. Hasil dari pelatihan literasi digital, guru PAUD Gandaria dapat membuat bahan ajar yang kreatif dan inovatif dalam kegiatan belajar mengajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bagja Sulfemi, W., & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru
dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutecno, 18(2), 1–19.
https://osf.io/preprints/inarxiv/8wcb9/
Dinata, K. B. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA
COVID-19 proses Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
. Dampak yang mandiri . Salah satu kemampuan yang berperan cukup penting dalam
memfasilitasi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105–119.
https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.
Septian, D., Fatman, Y., & Nur, S. (2021). Implementasi MDLC (Multimedia
Development Life Cycle) Dalam Pembuatan Multimedia Pembelajaran Kitab
Safinah. Jurnal Computech & Bisnis, 15(1), 15–24.
Suharyati, H. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK TENAGA
PENGAJAR PAUD DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN MELALUI
KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL DI WILAYAH KOTA BOGOR. DIFUSI,
(2), 11.
Ushadi, N. (2017). STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI PROGRAM NAWACITA
DALAM BIDANG PENDIDIKAN UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN
KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTUL TAHUN 2017.
Universitas PGRI Yogyakarta, 8.5.2017.
Yuwono, I., & Mirnawati, M. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan
Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2015–2020.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1108
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.977-984.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id