Pengembangan Media Montase Berbahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan agar dapat mengetahui pengembangan panduan media montase berbahan alam dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Perwati Kelurahan Liluwo Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan (Research And Development). Langkah- langkah dalam penelitian ini yaitu tahap I studi awal pendahuluan, tahap II Desain produk, tahap III Validasi Ahli, tahap IV Revisi Produk dan tahap V Uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian pada uji validasi ahli menunjukan bahwa, 86% (Sangat Layak) untuk validator ahli media, dan 90% (Sangat Layak) untuk validator ahli materi. Serta hasil penelitian uji coba kelompok kecil pada anak menunjukan bahwa anak pertama mendapat skor 3 dengan kategori baik, anak kedua mendapat skor 3 dengan kategori baik, anak ketiga mendapat skor 3 dengan kategori baik, anak keempat mendapat skor 3 dengan kategori baik, dan anak kelima mendapat skor 3 dengan kategori baik. Dari analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa panduan media montase berbahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Perwati Kelurahan Liluwo Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo yang telah dikembangkan dinyatakan valid.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Juniarti, Y. dkk. 2021. Menurunnya Kreativitas Anak Akibat Perilaku Introvert.
Prosiding Kajian Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Link:
https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/prosidingpaud/article/do
wnload/802/169
Laiya, S. W. 2020. Pengembangan Media Lutem (Luda Tema) Pada Perkembangan
Sosial Emosional Anak. Jurnal Ilmiah Potensia. Volume 5 Nomor 2. Link:
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/down load/11537/6619
Mulyani, N. 2019. Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Munandar, U. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Ngabito, N dan Juniarti, Y. 2019. Asesmen Kreativitas Dan Keberbakatan Anak.
Jambura Early Childhood Education Journal: Volume 1 Nomor 2. Link:
https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/ download/95/32
Nurjuwita, S. dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Gophys Berbasis TPCK
Pada Materi Hukum Kepler Kelas XI SMA Kemala Bhayangkari 1 Sungai Raya.
Jurnal Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak. Link:
https://www.journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/
article/viewFile/1362/1042
Rachmawati, Y dan Kurniati, E. 2019. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak
(Usia Taman Kanak- Kanak). Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung:
Alfabeta.
Susanto, A. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). Jakarta: Bumi
Aksara.
Utoyo, S. dkk. 2021. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Inovasi Kreatif Di
Masa Pembiasaan Baru. Jurnal Pelita PAUD. Link: https://ejournal-fipung.
ac.id/ojs/index.php/prosidingpaud/article/downloa d/808/175
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.687-696.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id