Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembuatan Bahan Ajar Multimedia

Yelni Rahmawati, Henny Suharyati

Abstract


Tujuan dari penulisan ini untuk mendeskripsikan  implementasi peningkatan literasi digital pembuatan bahan ajar multimedia. Kegiatan ini dilaksanakan mengacu pada kebutuhan guru dalam membuat bahan ajar multimedia sesuai dengan kondisi saat ini yang sedang pandemi Covid 19. Pembelajaran daring dilakukan di tingkat sekolah PAUD sampai jenjang pendiikan tinggi. Sekolah PAUD banyak dibentuk dan didirikan oleh masyarakat dengan sumber daya manuasia (guru), sarana prasarana dan dana yang sangat terbatas, namun dalam praktiknya mereka harus mampu membuat bahan ajar yang menarik dan berbasis pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Populasi dari diseminasi ini adalah  Satuan Padud Ssejenis (SPS) PAUD Gandaria yang berlokasi di Tegalgundil, Bogor Utara. Sasarannya adalah guru SPS PAUD Gandaria berjumlah 10 orang.Hasil identifikasi terdapat   2 orang guru  yang mampu menggunakan aplikasi Microsoft Office, sementara 8 orang lainnya perlu pelatihan yang intensif.  Metode pelaksanaannya pertama melakukan survei tempat, sampel, memberikan pre test sebelum pelatihan, dilanjutkan dengan post test setelah pelatihan. Target kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan literasi digital pada guru PAUD dalam membuat bahan ajar multimedia. Hasil dari pelatihan literasi digital, guru PAUD Gandaria dapat membuat bahan ajar yang kreatif dan inovatif dalam kegiatan belajar mengajar.


Keywords


leterasi digital, multimedia, bahan ajar, kreatif

Full Text:

PDF

References


Bagja Sulfemi, W., & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru

dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutecno, 18(2), 1–19.

https://osf.io/preprints/inarxiv/8wcb9/

Dinata, K. B. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA

COVID-19 proses Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

. Dampak yang mandiri . Salah satu kemampuan yang berperan cukup penting dalam

memfasilitasi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105–119.

https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.

Septian, D., Fatman, Y., & Nur, S. (2021). Implementasi MDLC (Multimedia

Development Life Cycle) Dalam Pembuatan Multimedia Pembelajaran Kitab

Safinah. Jurnal Computech & Bisnis, 15(1), 15–24.

Suharyati, H. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK TENAGA

PENGAJAR PAUD DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN MELALUI

KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL DI WILAYAH KOTA BOGOR. DIFUSI,

(2), 11.

Ushadi, N. (2017). STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI PROGRAM NAWACITA

DALAM BIDANG PENDIDIKAN UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN

KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTUL TAHUN 2017.

Universitas PGRI Yogyakarta, 8.5.2017.

Yuwono, I., & Mirnawati, M. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan

Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2015–2020.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1108




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.977-984.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id