Meningkatkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar di PAUD Andini Kelurahan Bulotadaa Timur Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo
Abstract
Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah apakah minat membaca anak di PAUD Andini Kelurahan Bulotadaa Timur Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo dapat meningkat melalui metode bercerita dengan gambar? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat membaca anak di PAUD Andini Kelurahan Bulotadaa Timur Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo melalui metode bercerita dengan gambar. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada anak kelompok B PAUD Andini Kelurahan Bulotadaa Timur Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo yang jumlah siswanya 20 orang, dengan sistem pembahasan dalam bentuk tiga siklus. Kekurangan atau ketidaktuntasan pada siklus sebelumnya telah dibahas pada siklus selanjutnya. Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah diharapkan tutor PAUD pada umumnya untuk dapat mengoptimalkan penggunaan metode bercerita dengan gambar dalam rangka meningkatkan minat membaca bagi anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2003. Permainan Membaca dan Menulis di PAUD/TK. Jakarta: Proyek
Peningkatan Mutu TK.
--------, 2004. Apa, Mengapa, dan Siapa yang Bertanggungjawab Terhadap Anak Usia
Dini, Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Bahasa.
Dhieni, Nurbiana, dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa, Jakarta: Universitas
terbuka
Dimyati dan Mudjiono, 2005. Belajar dan Pembelajaran, Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: PT. Reneka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005: Guru dan Anak Didik (dalam Interaksi Edukatif).
Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, Heri, 2007. Aktivitas Mengajar Anak TK, Bandung: Insan Cendekia
Jamaris, Martini, 2005. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-
Kanak, Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru. Jakarta: PPS Universitas Negeri.
Koentjaraningrat, 2008. Kamus Istilah Antropologi, Jakarta: Pusat Pembinaan dan
Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Mappanganro, 2006. Implementasi Pendidikan di Sekolah, Ujung Pandang: Yayasan al-
Ahkam.
Moeslichaton, 2009. Metode Pengajaran TK, Jakarta: Rineka Cipta
Mulyadi, Agus. 2008. Pengembangan Keterampilan Visual, Mendengarkan,
Pemahaman. Jakarta: Diklat Instruktur Tingkat Dasar TK Atraktif.
Munandar, SG. Utami. 2006: Bunga Rampai Psikologi Perkembangan Pribadi dari Bayi
sampai Usia Lanjut. Jakarta: IU Press.
Nasution, Harun, 2006. Didaktik asas-asas Mengajar, Bandung: Jemmars.
Sardiman, A.M., 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Semiawan, Cony, dkk. 2007. Pengenalan dan Pengembangan Bakat Sejak Dini.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
--------. 2007: Guru dan Siswa Dalam Interaksi Belajar Mengajar, Jakarta:
Depdiknas.
Slameto, 2005. Peroses Penulisan Cerita Anak, Jakarta: Rineka Cipta.
Soesilo, Bambang. 2005: Pengembangan Kemampuan Dasar Keterampilan Berbicara
dan Membaca. Jakarta: Diklat Instruktur Tingkat Dasar TK Atraktif.
Suparta, H.M., dkk, 2007. Metodologi Pengajaran, Jakarta: Amissco.
Tarigan, 2009. Memaksimalkan Potensi Anak Jakarta: Gramedia
Uno, Hamzah B., 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya; Analisis di Bidang
Pendidikan, Jakarta: PT. Bimu Aksara.
Wahyu, 2006. Pedoman Penelitian Pendidikan, Bandung: Tarsito
Winardi, J., 2007. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen, Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.1.4.129-136.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dikmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id