Meningkatkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar di PAUD Andini Kelurahan Bulotadaa Timur Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo

Rapi Djuko

Abstract


Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah apakah minat membaca anak di PAUD Andini Kelurahan Bulotadaa Timur Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo dapat meningkat melalui metode bercerita dengan gambar? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat membaca anak di PAUD Andini Kelurahan Bulotadaa Timur Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo melalui metode bercerita dengan gambar. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada anak kelompok B PAUD Andini Kelurahan Bulotadaa Timur Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo yang jumlah siswanya 20 orang, dengan sistem pembahasan dalam bentuk tiga siklus. Kekurangan atau ketidaktuntasan pada siklus sebelumnya telah dibahas pada siklus selanjutnya. Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah diharapkan tutor PAUD pada umumnya untuk dapat mengoptimalkan penggunaan metode bercerita dengan gambar dalam rangka meningkatkan minat membaca bagi anak.


Keywords


Minat membaca, Metode, Bercerita

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Permainan Membaca dan Menulis di PAUD/TK. Jakarta: Proyek

Peningkatan Mutu TK.

--------, 2004. Apa, Mengapa, dan Siapa yang Bertanggungjawab Terhadap Anak Usia

Dini, Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Bahasa.

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa, Jakarta: Universitas

terbuka

Dimyati dan Mudjiono, 2005. Belajar dan Pembelajaran, Pusat Perbukuan Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: PT. Reneka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005: Guru dan Anak Didik (dalam Interaksi Edukatif).

Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, Heri, 2007. Aktivitas Mengajar Anak TK, Bandung: Insan Cendekia

Jamaris, Martini, 2005. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-

Kanak, Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru. Jakarta: PPS Universitas Negeri.

Koentjaraningrat, 2008. Kamus Istilah Antropologi, Jakarta: Pusat Pembinaan dan

Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mappanganro, 2006. Implementasi Pendidikan di Sekolah, Ujung Pandang: Yayasan al-

Ahkam.

Moeslichaton, 2009. Metode Pengajaran TK, Jakarta: Rineka Cipta

Mulyadi, Agus. 2008. Pengembangan Keterampilan Visual, Mendengarkan,

Pemahaman. Jakarta: Diklat Instruktur Tingkat Dasar TK Atraktif.

Munandar, SG. Utami. 2006: Bunga Rampai Psikologi Perkembangan Pribadi dari Bayi

sampai Usia Lanjut. Jakarta: IU Press.

Nasution, Harun, 2006. Didaktik asas-asas Mengajar, Bandung: Jemmars.

Sardiman, A.M., 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada.

Semiawan, Cony, dkk. 2007. Pengenalan dan Pengembangan Bakat Sejak Dini.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

--------. 2007: Guru dan Siswa Dalam Interaksi Belajar Mengajar, Jakarta:

Depdiknas.

Slameto, 2005. Peroses Penulisan Cerita Anak, Jakarta: Rineka Cipta.

Soesilo, Bambang. 2005: Pengembangan Kemampuan Dasar Keterampilan Berbicara

dan Membaca. Jakarta: Diklat Instruktur Tingkat Dasar TK Atraktif.

Suparta, H.M., dkk, 2007. Metodologi Pengajaran, Jakarta: Amissco.

Tarigan, 2009. Memaksimalkan Potensi Anak Jakarta: Gramedia

Uno, Hamzah B., 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya; Analisis di Bidang

Pendidikan, Jakarta: PT. Bimu Aksara.

Wahyu, 2006. Pedoman Penelitian Pendidikan, Bandung: Tarsito

Winardi, J., 2007. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen, Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.1.4.129-136.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dikmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id