Pendampingan Kelompok PKK dan Pokdarwis untuk Mewujudkan Pemberdayaan Desa Ramah Perempuan
Abstract
Hasil studi pendahuluan di desa Meteseh, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal menunjukkan peran perempuan untuk pemenuhan kebutuhan hidup keluarga dan peran serta dalam kegiatan desanya masih rendah dan perlu untuk ditingkatkan. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah mendeskripsikan upaya pendampingan kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk mewujudkan pemberdayaan desa ramah perempuan melalui pelatihan gender equality dan literasi digital. Metode pengabdian menggunakan Participatory learning and action (PLA) aktivitas perencanaan kegiatan, pelaksanaan, dan evaluasi melibatkan partisipasi secara aktif semua peserta perempuan yang terdiri dari Ibu-Ibu PKK dan Pokdarwis. Peserta pengabdian masyarakat berjumlah 20 orang. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan adanya peningkatan kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan perempuan dalam berperan serta mewujudkan pembangunan di desa. Pelatihan literasi digital yang telah dilaksanakan membuka potensi perempuan dalam menggerakkan perekonomian di era digital melalui langkah sederhana seperti membagikan informasi melalui status WA, menjual barang/mengiklankan dagangan melalui WA dan Instagram sehingga dapat meningkatkan perekonomian. Adanya pengabdian masyarakat dapat mewujudkan pembedayaan desa ramah perempuan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Affandi, M., & Suryana, C. (2020). Kontribusi Program Kampung Literasi Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Akrab, 11(2), 42–51. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v11i02.349
Amaliyah, R., & Rahmawati, I. (2021). Status Literasi Digital di Indonesia 2021.
Arbarini, M., Desmawati, L., & Budiartati, E. (2019). Gender Equality and Women’s Participation in the Development of the Tourism Village in the Era of Industrial Revolution 4.0. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(5).
Arbarini, M., Jutmini, S., Djoyoatmojo, S., & Sutarno. (2016). Implementation of Functional Literacy Education by Participatory Learning as Effort of Lifelong Learning. Proceeding of the International Conference on Teacher Training and Education, 2(1), 734–745.
Arbarini, M., Jutmini, S., Joyoatmojo, S., & Sutarno. (2017). Participatory Learning Model on Adults Literacy Education of Rural Communities. International Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(6), 153–164.
Badan Pusat Statistik. (2022). Jawa Tengah dalam Angka.
Digital, L., Kesehatan, L., Finansial, L., Budaya, L., Desa, P., Kesenian, W., Budaya, D., Lokal, P., Kewirausahaan, D., Sumber, K., Alam, D., Stakeholder, K., Desa, P., Ketua, W., Pokdarwis, A., Pemerintah, A., Lifeskill, D., Kepala, A., Tangan, A., … Kesehatan, A. (n.d.). Lifeskill Literacy Pemulihan Desa Wisata.
Limilia, P., Aristi, N., Hegamanah, J., Cidadap, K., Sumedang, K., & Barat, J. (2019a). Literasi Media dan Digital di Indonesia: Sebuah Tinjauan Sistematis. In Desember (Vol. 8, Issue 2).
Limilia, P., Aristi, N., Hegamanah, J., Cidadap, K., Sumedang, K., & Barat, J. (2019b). Literasi Media dan Digital di Indonesia: Sebuah Tinjauan Sistematis. In Desember (Vol. 8, Issue 2).
Loretha, A. F., & Prasetyo, I. (n.d.). Be a Life long Learners through Family Based Learning in School.
Martiany, D. (2011). Implementasi Pengarusutamaan Gender sebagai Strategi Pencapaian Kesetaraan Gender. Aspirasi, 2(2), 121–136.
Nurmillah, N., Harniati, H., Fatmawada, S., & Wahyuddin, W. (2019). Sosialisasi Perempuan Sebagai Basis Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga. JCES (Journal of Character Education Society), 2(1), 30–36.
PPPA. (2021). Kisah Optimistis Perempuan Bangkit Dari Pandemi. 29–32.
Rahmat, A. (2018). Manajemen Pemberdayaan Pendidikan Nonformal. In Ideas Publishing.
Rukminto, I. (2001). Pentingya Pemberdayaan Masyarakat (Vol. 1). Humaniora Utama.
Sa, N., & Arbarini, M. (2021). Pembelajaran Literasi Anak Terintegrasi Kecakapan Hidup di TBM Warung Pasinaon Bergas Lor Kabupaten Semarang. 5(2), 152–161. https://doi.org/10.15294/pls.v5i2.42061
Siswanto Muhartono Universitas Pawyatan Daha Kediri, D. (n.d.). Pentingnya regulasi pengarusutamaan gender dalam pembangunan daerah di Kabupaten Kediri The importance of gender mainstreaming regulations in regional development in Kediri Regency.
Suminar, T., Arbarini, M., Shofwan, I., & Loretha, A. (2021). Management of entrepreneurship training program in literacy village. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.3.659-668.2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id