Peningkatan Pengetahuan Guru Raudhatul Athfal di Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta Melalui Workshop Pendidikan Inklusif

Septiyani Endang Yunitasari, Indah Wahyuni, Herry Pujiastuti, Kristiani Kristiani, Fitri Laila Suwardi

Abstract


Masih kurangnya pengetahuan tentang Pendidikan Inklusif menjadi permasalahan yang dialami guru Raudhatul Athfal di Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran peningkatan pengetahuan Guru Raudhatul Athfal setelah mengikuti setelah kegiatan ini. Workshop ini dilakukan dalam tiga tahap, yang pertama melalui pre test , tahap kedua pemberian materi tentang Pendidikan Inklusif dan tahap ketiga adalah pemberian post test di akhir kegiatan. Adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan ini diketahui adanya peningkatan pengetahuan guru Raufahtul Athfal tentang Pendidikan Inklusif dari 30,36 % menjadi 54% dari 56 peserta Workshop Pendidikan Inklusif yang memahami tentang Pendidikan Inklusif.

Keywords


Pendidikan Inklusif; Pengetahuan Guru Raudhatul Athfal; Anak Berkebutuhan Pendidikan Khusus

Full Text:

PDF

References


Amalia, N., & Kurniawati, F. (2021). Studi Literatur: Peran Guru Pendidikan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan, pp. 361-371.

Aziz, A., APriana, D., Habibuddin, H., & Fadilah, D. (2021). WORKSHOP PENDIDIKAN INKLUSI (SPECIAL EDUCATION NEEDS) MI HAMZANWADI 1 PANCOR. Vol. 02 No. 2, Jurnal Abdi Populika , 133-144.

Baharun, H., & Awwaliyah., R. (2018). Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif Epistemologi Islam. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, Vol. 5, no. 1, Mar., pp. 57-71.

Heldanita. (2016). Konsep Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 1(3), 15–24.

Herawati, N. I. (2016). Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 2(1).

Khoeriah, N. D. (2017). Sosialisasi Pendidikan Inklusif Pada Guru-Guru Paud Di Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, volume 7 No. 1, 50-58.

Rahayu, S. M. (2013). Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Anak, Vol II, Edisi 2, 355-363.

Rudiyati, S. (2013). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklusif Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklusif Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Cakrawala Pendidikan, Th. XXXII, No. 2, 296-306.

Saryono, & Anggreini, M. D. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan,. Yogyakarta: Nuha Medika.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.1.15-20.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id