Pelaksanaan Tindakan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru SD Negeri 8 Tilongkabila Dalam Menyusun Administrasi Pembelajaran Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021

Ohan Tanggkudung

Abstract


Pembahasan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan supervisi klinis sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru SD Negeri 8 Tilongkabila Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam menyusun administrasi pembelajaran. Hasil menyimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan guru di SD Negeri 8 Tilongkabila Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam menyusun administrasi pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penilaian yang mengalami peningkatan pada setiap siklus tindakan yang dilakukan. Pada kondisi awal perolehan nilai rata-rata sebesar 48,54 dalam kriteria KURANG, dan pada siklus pertama meningkat menjadi 69,71 dalam kriteria CUKUP dan pada siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 86,90 dalam kriteria BAIK. Adapun penjelasan peningkatan kemampuan menyusun administrasi pembelajaran pada kondisi awal belum ada guru yang mencapai kriteria keberhasilan, dan pada siklus pertama meningkat menjadi 4 guru atau 57,14% dan pada siklus kedua 7 guru atau 100% kemampuannya dalam menyusun administrasi pembelajaran telah memenuhi kriteria keberhasilan. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan supervisi klinis terbukti dapat meningkatan kemampuan guru SD Negeri 8 Tilongkabila Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam menyusun administrasi pembelajaran.

Keywords


supervisi klinis; kemampuan; administrasi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


A.M Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Rajawali Pers

Alfonso, RJ., Firth, G.R., & Neville, R.F.1981. Instructional Supervision, A Behavior System, Boston: Allyn and Bacon, Inc

Alwi Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan. Nasional Balai Pustaka.

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta

Aswani Sujud. (1988). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Administrasi Pendidikan FIP IKIP Yogyakarta.

Aswarni Sujud. 1979. Pengantar Administrasi Pendidikan. Yogyakarta: FKIP IKIP.

Danim, Sudarwan. 2011. Pengantar Pendidikan. Bandung : ALFABETA.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indo nesia, Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Depdiknas

Ghiselli and Brown. 2001. Personnel and Industrial Psychology. New York: Mc. Graw Hill Book Company Inc.

Gibson, J.L. Ivanicevich, J.M and Donnelly. J. 1989. Organisasi and Manajemen Perilaku Struktur Proses. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Gondokusumo. 1983. Komunikasi Penugasan. Jakarta : Gunung Agung

Mantja, W. 2002. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media

Mulyasa, E.2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep; Karakteristik dan Implementasi. Bandung : P.T. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, 2003. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Purwanto.2007.Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ramayulis, 2008, Ilmu Pendidikan Jakarta : Kalam Mulia

Robbins, Stephen. 2003,Perilaku Organisasi: Terjemahan. Jakarta : Gramedia

Sahertian, Piet. Drs. 2000. Prinsip dan Tehnik Supervisi Pendidikan. Usaha Nasional. Surabaya.

Sergiovanni, T.J. dan R.J. Starrat. 2017. Supervision: Human Perspective. New. York: McGraw-Hill Book Company.

Sudiarto. 1989. Supervisi Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sudijono Anas, 2017, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Suharsimi Arikunto; Suhardjono; Supardi. 2007. PTK Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Bandung : Remaja Rosda Karya.

Sullivan, S & Glanz, J. 2005. Supervisi Klinis Pembelajaran Dalam Peningkatan. Profesionalisme Guru. Terjemahan. Jakarta : Gramedia

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005,. Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003,. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, Martinis. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Jakarta: Gaung Persada.

Yamin, Martinis. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung Persada Press

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zakiah Darajdat, 1995, Metodik Khusus Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1169-1182.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id